Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk TabunganKu (Studi Kasus BSI KCP Ngawi)

Istiqomah, Dian Muliatul (2021) Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk TabunganKu (Studi Kasus BSI KCP Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817109_E THESES_NEW.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Istiqomah, Dian Muliatul. 2021. “Analisis Strategi Promosi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk TabuganKu (Studi Kasus BSI KCP Ngawi)”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing. Ratna Yunita, M.A.
Kata kunci :Promosi, Advertising, Personal Selling, Publisity.
Sebagai lembaga keuangan syariah, kegiatan usaha BSI KCP Ngawi adalah menghimpun dana masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kembali dalam bentuk pinjaman. Salah satu produk penghimpun dana yaitu produk TabunganKu, pada produk TabunganKU mengalami kendala yaitu karena produk ini merupkan produk dengan jumlah nasabah paling sedikit diantara produk tabungan yang lain yang ada di BSI KCP Ngawi. dalam melakukan penjualan produk ini, perlu adanya promosi yang tepat sehingga dapat meningkatkan jumlah nasabah dari produk tersebut. Kemudian penelitian ini dilakukan untuk mengkaji strategi promosi yang dilakukan pada produk TabunganKu.
Dalam penyusunan laporan ini, penulis menggunakan metode field research, karena dalam melakukan pencarian data serta pengumpulan datanya dilakukan ditempat terjadinya fenomena, atau kasus tertentu terjadi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ingin menghasilkan data atau kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang diwawancarai maupun diamati. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berasal dari hasil wawancara.
Dari hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan, strategi promosi yang dilakukan BSI KCP Blitar pada produk TabunganKu menggunakan periklanan (advertising), penjualan pribadi (personal selling), dan publistas (publicity). Strategi periklanan (advertising) produk TabunganKu yang dilakukan oleh BSI KCP Ngawi, menggunakan media cetak yaitu banner, dan brosur. Untuk media elektronik masih berskala nasional, diseragamkan dan disamakan keseluruhannya. Dalam mempromosikan produk TabunganKu, BSI KCP Ngawi sudah melakukan kegiatan periklanan (advertising) belum dilakukan secara maksimal karena kurang luasnya media periklanan yang digunkan. Strategi penjualan pribadi (personal selling) produk TabunganKu, yang dilakukan oleh BSI KCP Ngawi, sudah menerapkan stategi penjualan pribadi menggunakan strategi umum melalui CS (Costomer Servise). Strategi yang diterapkan kepada CS dalam mempromosikan produk TabunganKu, yaitu dengan Cross Selling, sedagkan untuk marketing menggunakan personal selling door to door atau house to house selling, dan jemput bola. Strategi publisitas (publisity) dilakukan dengan mengikuti event yang adakan oleh pemerintah Ngawi dan menjadi sponsorship.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Yunita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 03:17
Last Modified: 10 May 2021 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13370

Actions (login required)

View Item View Item