(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Tingkat Pendidikan, Etika Kerja dan Kompensasi Terhadap Produktivita Karyawan (Studi Pada Home Industri Genuin Leather Kabupaten Wonogiri)

Aryatik, Elma (2021) (GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Tingkat Pendidikan, Etika Kerja dan Kompensasi Terhadap Produktivita Karyawan (Studi Pada Home Industri Genuin Leather Kabupaten Wonogiri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717093_ELMA ARYATIK_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Aryatik, Elma. 2021. Pengaruh tingkat pendidikan, etika kerja, dan kompensasi terhadap produktivitas karyawan (Studi Pada Home Industri Genuin Leather Kabupaten Wonogiri). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syari’ah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing; Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci: Tingkat pendidikan, etika kerja, kompensasi, produktivitas
Home Industri dompet kulit merupakan industri yang memproduksi dompet dari kulit sapi. Industri ini satu-satunya yang berdiri di Kabupaten Wonogiri yang sudah berdiri sejak 10 tahun lalu. Dalam pencapaian produktivitas home industry dompet kulit selalu memenuhi target, namun dalam manajemennya masih terbilang lemah seperti halnya dalam menjaring karyawan tingkat pendidikan tidak diperhatikan dengan baik kemudian untuk etika kerja, berdasarkan absensi diketahui banyak karyawan yang melakukan perizinan, serta terlihat beberapa karyawan sering terlambat datang dijam kerja yang sudah disepakati. Selain itu dalam pemberian kompensasi home industri ini belum menerapkan pemberikan kompensasi kepada karyawan selain gaji pokok dan tunjangan hari raya. Dari permasalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh antara variabel tingkat pendidikan, etika kerja, dan kompensasi terhadap produktivitas karyawan di home industri dompet kulit Kabupaten Wonogiri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran angket. Sampel yang digunakan sebanyak 38 responden dengan menggunakan metode sampling jenuh (sensus) karena jumlah populasi kurang dari 100 orang. Teknik analisis data menggunakan uji statistik dengan berbantuan SPSS 0.16. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabiitas, analisis deskriptif, uji regresi variabel dummy, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana dan uji regresi linier berganda.
Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap produktivitas karyawan di home industri dompet kulit Kabupaten Wonogiri dengan nilai R square sebesar 0,011 atau 1,1%. Etika kerja berpengaruh sigifikan terhadap produktivitas karyawan di home industri dompet kulit Kabupaten Wonogiri dengan nilai R Squaresebesar 0,207 atau 20,7%. Kompensasi berpengaruh terhadap produktivitas karyawan di home industri dompet kulit Kabupaten Wonogiri dengan nilai R. Squaresebesar0,268 atau 26,8%. Secara simultan tingkat pendidikan, etika kerja, dan kompensasi berpengruh terhadap produktivitas karyawan di home industri dompet kulit Kabupaten Wonogiri dengan R Square sebesar 0,399 atau 39,9%.Dengan demikian dalam meningkatkan produktivitas karyawan home industry tidak perlu mensyaratkan tingkat pendidikan yang tinggi akan tetapi perusahaan perlu menjaring karyawan yang kompeten dan terampil, disiplin dan berani bertanggung jawab atas tugas yang dibebankan. Serta memberikan kompensasi yang baik dan seimbang dengan produktivitas yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 03:03
Last Modified: 10 May 2021 03:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13361

Actions (login required)

View Item View Item