ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMUTUSKAN PEMBELIAN TAS DI TOKO BAG CORNER PONOROGO

WARDANI, RENY KUSUMA (2021) ANALISIS PERILAKU KONSUMEN MUSLIM DALAM MEMUTUSKAN PEMBELIAN TAS DI TOKO BAG CORNER PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
RENY KUSUMA WARDANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wardani, Reny Kusuma. 2021. Analisis Perilaku Konsumen Muslim dalam Memutuskan Pembelian Tas di Toko Bag Corner Ponorogo. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen Muslim, Bag Corner Ponorogo.

Perilaku seorang konsumen muslim harus mencerminkan hubungan dirinya dengan Allah SWT. Dengan memilih jalan yang dibatasi Allah yaitu tidak berlebih-lebihan atau Israf, tidak memilih barang haram, tidak kikir, dan tidak tamak. Penelitian ini berfokus pada analisis perilaku konsumen muslim dalam memutuskan pembelian tas di Toko Bag Corner Ponorogo. Hal ini dikarenakan beberapa konsumen muslim di Toko Bag Corner yang melakukan kegiatan belanja tas secara berlebih-lebihan tanpa adanya suau pertimbangan. Dengan uang yang tidak mencukupi, demi tercapainya suatu keinginan konsumen rela meminjam uang teman hanya untuk membeli tas dengan harga yang ditawarkan oleh penjual. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana perilau konsumen muslim dalam memutuskan pembelian tas di Toko Bag Corner Ponorogo dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian tas di Toko Bag Corner Ponorogo.
Jenis penelitian yang digunakan adalah field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dengan menggunakan triangulasi sumber sebagai uji kredibilitas. Analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa perilaku konsumen muslim di Toko Bag Corner dapat dilihat dari tiga norma dasar yang hendak menjadi landasan dalam perilaku konsumen muslim menurut Yusuf Qardhawi yaitu membelanjakan harta dalam kebaikan dan menjauhi sifat kikir, tidak melakukan kemubadziran dan kesederhanaan. Dari ketiga norma tersebut terdapat kesenjangan antara teori dan praktek pada norma tidak melakukan kemubadziran dan kesederhanaan. Norma tidak melakukan kemubadziran, konsumen belum merasa cukup dalam memenuhi keinginan berbelanja tas di Bag Corner. Mereka membeli tas hanya berdasarkan suka bukan karena untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan norma kesederhanaan, konsumen Bag Corner tidak memperhatikan kondisi keuangan sebelum membeli produk tas, jika uang tidak mencukupi konsumen lebih memilih meminjam uang teman untuk membeli tas. sedangkan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen muslim dalam memutuskan pembelian tas di Toko Bag Corner Ponorogo ada faktor sosial meliputi peran dan status, serta faktor pribadi meliputi keadaan ekonomi dan gaya hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: RULIQ SURYANINGSIH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 02:54
Last Modified: 10 May 2021 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13356

Actions (login required)

View Item View Item