(UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Upaya Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Kegiatan Shalat Dhuhur Berjamaah Kelas VIII di SMPN 2 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/ 2020

Ni'mah, Hayu Zahrotun (2021) (UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...Upaya Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Kegiatan Shalat Dhuhur Berjamaah Kelas VIII di SMPN 2 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/ 2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210316129_HAYU ZAHROTUN NI'MAH_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.doc

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Ni’mah, Hayu Zahrotun, 2021, Upaya Guru dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Kegiatan Shalat Dhuhur Berjamaah Kelas VIII di SMPN 2 Jetis Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/ 2020, Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Muhammad Heriyudanta, M.Pd. I.

Kata Kunci: Upaya Guru, Kecerdasan Spiritual, Kegiatan Shalat Dhuhur Berjamaah

Guru adalah figur manusia yang diharapkan kehadiran dan perannya dalam pendidikan, sebagai sumber yang menempati posisi dan memegang peran penting dalam kehidupan. Kecerdasan spiritual merupakan kesadaran yang dengannya tidak hanya mengakui nilai-nilai yang ada, tetapi juga secara kreatif menemukan nilai-nilai baru.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kegiatan yang meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, (2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa, dan (3) Untuk mengetahui kontribusi kegiatan sholat dhuhur berjamaah untuk meningkatkan kecerdasan spiritual siswa.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan datanya menggunakan Ketekunan/keajegan pengamatan dan triagulasi.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kegiatan yang meningkatkan kecerdasan spiritual siswa seperti shalat dhuhur berjamaah, shalat dhuha berjamaah, tadarus Al-Qur’an dan membaca asmaul husna sehingga bisa bermanfaat di manapun dan kapanpun. (2) Upaya yang dilakukan guru untuk meningkatkan spiritual siswa melalui perancangan yang baik dalam shalat dhuhur berjamaah mulai dari persiapan, pelaksanaan dan hasil perubahan siswa. Guru merasakan peningkatan dalam segi kecerdasan spiritual siswa, melihat dari meningkatnya antusias siswa dalam mengikuti kegiatan shalat dhuhur berjamaah ini. (3) adanya kegiatan shalat dhuhur berjamaah di SMPN 2 Jetis Ponorogo mampu meningkatkan kecerdasan spiritual siswa dengan indikator: (a) Siswa tertib dan disiplin dalam hal shalat berjamaah (b) Kesadaran diri untuk beribadah meningkat (c) Meningkatkan hubungan baik antara guru dengan siswa (d) Timbulnya rasa tanggung jawab pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Heriyudanta
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 02:51
Last Modified: 10 May 2021 02:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13352

Actions (login required)

View Item View Item