Analisis Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Kediri Di Masa Pandemi

Mahdavikia, Rivan Addar (2021) Analisis Penanganan Pembiayaan Bermasalah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Kediri Di Masa Pandemi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi 100% Perpus.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Mahdavikia, Rivan Addar. 2021 Analisis Penangan Pembiayaan bermasalah Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Kediri Di Masa Pandemi Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Tiara Widya Antikasari, M.M.

Kata Kunci : Angsuran, Bank Syariah, Pendapatan.
. Dalam dunia bank pasti akan terdapat kredit macet atau yang biasa disebut pembiayaan yang bermasalah. Ada beberapa faktor yang menyebabkan suatu pembiayaan menjadi bermasalah yaitu faktor internal dan juga faktor eksternal. Faktor internal antara lain disebabkan oleh dari kesalahan internal bank atau juga kesalahan nasabah selain itu terjadinya pandemi merupakan sutau hal yang baru bagi dunia perbankan, Dengan adanya pandemi tersebut maka pemerintah menerapkan aturan PSBB atau pembatasan sosial berskala besar. Sehingga banyak nasabah Bank Syariah Indonesia KC Kediri yang kesulitan untuk mengangsur pembiayaan sehingga harus ada strategi-strategi yang harus digunakan. Supaya dunia perbankan bisa bertahan dan eksis walaupun terjadi pandemi
Sedangkan jenis penelitian yang digunakan ini adalah penelitian kualitatif yaitu dengan penelitian lapangan. Metode pengumpulan data melalui interview dan dokumentasi, untuk mendapatkan data tentang penyelesaian pembiayaan di Bank Syariah Indonesia KC Kediri, setelah data terkumpul maka peneliti menganalisisnya dengan analisis data menggunakan metode analisis deskriptif.
Hasil dari penelitian ini adalah Faktor pembiayaan bermasalah di Bank Syariah Indonesia KC Kediri yaitu dari faktor internalnya adalah lemahnya Analisa pembiayaan, kemudian lemahnya pengawasan pembiayaan dan kurangnya koordinasi komite pembiayaan. Untuk faktor eksternalnya adalah lemahnya kondisi makro ekonomi kemudian lemahnya daya beli pasar kemudian terjadinya pembatasan sosial oleh pemerintah yang menyebabkan menurunnya tingkat pendapatan usaha nasabah. Upaya yang dilakukan untuk menangani pembiayaan bermasalah di Bank Syariah Indonesia KC Kediri yaitu ada beberapa metode yang digunakan yatu dengan memberikan pembinaan kepada nasabah, kemudian mendampingi nasabah, Re-strukture dan Re-schedule dan yang terakhir adalah pengalihan asset. Dampak dari penangan pembiayaan bermasalah yang dilakukan oleh Bank Syariah yaitu pada saat ada pengawasan nasabah lebih termotivasi dalam menjalankan usahanya, nasabah merasa dimudahkan karena jadwal angsuran menjadi lebih panjang, dan nilai angsuran menjadi lebih kecil, nasabah lebih tenang karena agunannya bisa diselamatkan. Untuk Bank Syariah bisa mempertahankan keuntungan pembiayaan walaupun kurang maksimal

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 02:31
Last Modified: 10 May 2021 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13341

Actions (login required)

View Item View Item