Pengaruh Keaktifan Mengikuti Pengajian Terhadap Kecerdasan Spiritual Jamaah Majelis Ta’lim Khoirun Nisa’ Mlaten Geger Madiun

Kolbiyah, Mukhlisotul (2021) Pengaruh Keaktifan Mengikuti Pengajian Terhadap Kecerdasan Spiritual Jamaah Majelis Ta’lim Khoirun Nisa’ Mlaten Geger Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210316059 MUKHLISOTUL KOLBIYAH Upload ethese.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Kolbiyah, Mukhlisotul. 2021. Pengaruh Keaktifan Mengikuti Pengajian terhadap Kecerdasan Spiritual Jamaah Majelis Ta’lim Khoirun Nisa’ Mlaten Geger Madiun. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ju’Subaidi M.Ag.

Kata Kunci: Pengajian, Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan spiritual merupakan kecerdasan jiwa yang dapat memenuhi kebutuhan spiritual seseorang, yaitu kebutuhan untuk menyeimbangkan kemampuan intelektual dan emosional yang dimiliki seseorang serta memenuhi kewajiban agamanya. Ketiadaan kecerdasan spiritual akan menyebabkan hilangnya ketenangan batin dan pada akhirnya mengakibatkan hilangnya kebahagiaan. Kecerdasan spiritual sangat penting dalam kehidupan manusia, karena ia akan memberikan kemampuan untuk membedakan yang baik dan buruk. Dengan demikian orang yang cerdas secara spiritual diharapkan mampu mengaktualisasikan nilai-nilai ilahiah dalam kehidupan sehari-hari. Namun kenyataannya tidak selalu demikian, Di Majelis Ta’lim Khoirun Nisa’ Mlaten Geger Madiun terdapat ibu-ibu yang aktif mengikuti pengajian, akan tetapi mereka belum sepenuhnya mampu menerapkan pesan yang didapat dalam kegiatan pengajian. Masih banyak ibu-ibu yang bersikap kurang baik ketika berinteraksi antar sesama.
Adapun tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui keaktifan jamaah Majelis Ta’lim Khoirun Nisa’ Mlaten Geger Madiun dalam mengikuti pengajian; 2) Mengetahui kecerdasan spiritual jamaah ibu-ibu Majelis Ta’lim Khoirun Nisa’ Mlaten Geger Madiun; 3) Mengetahui apakah keaktifan mengikuti pengajian berpengaruh secara signifikan terhadap kecerdasan spiritual jamaah ibu-ibu Majelis Ta’lim Khoirun Nisa’ Mlaten Geger Madiun
Untuk menjawab pernyataan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta dilaksanakan di Majelis Ta’lim Khoirun Nisa’ Mlaten Geger Madiun. Ada 65 jamaah yang dijadikan sampel penelitian. Sampel ini diambil dengan teknik sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpulan data, adapun teknik analisis datanya menggunakan regresi linier sederhana.
Dari hasil penelitian sebagai berikut: 1) Keaktifan jamaah dalam mengikuti pengajian masuk dalam kategori sedang, dengan prosentase 72% berjumlah 47 jamaah dari 65 jamaah; 2) Kecerdasan spiritual jamaah tergolong sedang dengan prosentase 71% berjumlah 46 jamaah dari 65 jamaah; 3) Berdasarkan hasil nilai thitung sebesar 2.675 dan ttabel sebesar 1.999 sehingga (thitung>ttabel) serta nilai Fhitung sebesar 7.156 dan Ftabel sebesar 3.99 sehingga (Fhitung.>Ftabel) maka variabel keaktifan mengikuti pengajian memiliki pengaruh terhadap kecerdasan spiritual jamaah di Majelis Ta’lim Khoirun Nisa’ Mlaten Geger Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'Subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 02:29
Last Modified: 10 May 2021 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13338

Actions (login required)

View Item View Item