Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Sektor Perbankan Syariah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia ( BEI ) Periode 2018-2020

Oktadianawati, Fonisari (2021) Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Sektor Perbankan Syariah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia ( BEI ) Periode 2018-2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817229_Fonisari Oktadianawati_Perbankan Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Oktadianawati, Fonisari. Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Harga Saham Pada Sektor Perbankan Syariah Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2020. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. Shinta Maharani, M. Ak.
Kata Kunci : Inflasi, Nilai Tukar, Return on Asset, Return on Equity, Net Profit Margin, Earning per Share.
Harga saham yang berubah-ubah setiap saat dapat memberikan keuntungan maupun kerugian bagi para investor. Di lapangan naik turunnya harga saham tidak dapat diprediksi, sedangkan berdasarkan teori naik turunnya harga saham dapat diprediksi. Naik turunnya harga saham dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti Earning per Share (EPS), Return on Equity (ROE), dan Debt to Equity Ratio (DER).
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat faktor yang mempengaruhi harga saham pada sektor perbankan syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia? Faktor apakah yang paling dominan dalam mempengaruhi harga saham pada sektor perbankan syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia?
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode purposive sampling dalam penarikan datanya. Dalam penelitian ini populasi diambil dari 12 bank umum syariah, sampel dalam penelitian ini adalah 3 bank syariah yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu Bank Syariah Indonesia, Bank Panin Dubai Syariah, dan Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah. Jenis data pada penelitian ini, merupakan data sekunder yang diterbitkan oleh Bank Syariah Indonesia, Bank Panin Dubai Syariah, dan Bank Tabungan Pensiunan Nasional Syariah setiap tiga bulan (triwulan) mulai periode 2018-2020. Analisis data menggunakan bantuan program SPSS 21.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari enam variabel, terbentuk 2 faktor yang mempengaruhi harga saham. Faktor yang pertama meliputi Nilai Tukar, Return on Asset (ROA), Return on Equity (ROE) dan Net Profit Margin (NPM). Faktor yang kedua meliputi Inflasi dan Earning per Share (EPS). Faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi harga saham faktor yang pertama yaitu NPM dengan nilai loading 0,963, ROA dengan nilai loading 0,933, ROE dengan nilai 0,930 dan Nilai tukar dengan nilai 0,537. faktor pertama mampu menjelaskan harga saham sebesar 59,806% dari faktor yang terbentuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 02:27
Last Modified: 10 May 2021 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13337

Actions (login required)

View Item View Item