(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Keaktifan Berorganisasi (OSIS) Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswi Kelas VIII Putri MTs Darul Huda Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Muhbitin, Arifatul (2021) (GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Keaktifan Berorganisasi (OSIS) Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswi Kelas VIII Putri MTs Darul Huda Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210316147 ARIFATUL MUHBITIN Uplaod etheses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Muhbitin, Arifatul. 2020, “Pengaruh Keaktifan Berorganisasi (OSIS) Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswi Kelas VIII Putri MTs Darul Huda Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020”. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri IAIN Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ju Subaidi, M.Ag.

Kata kunci: Keaktifan Berorganisasi dan Kedisiplinan Belajar.

Kedisiplinan merupakan hal penting dalam menciptakan manusia yang sadar dan tanggung jawab atas tugas dan kewajibannya. Dilihat dari realitanya bahwa kedisiplinan belajar siswi di MTs Darul Huda masih redah seperti halnya kurang disiplinnya siswi dalam mengatur waktu belajarnya dan masih adanya siswi yang mencontek ketika ujian sehingga menyebabkan kegiatan belajar mengajar di kelas terkendala. Hal ini disebabkan karena pembinaan dalam keorganisasian yang masih kurang. Sehingga dalam hal ini di MTs Darul Huda untuk meningkatkan tingkat kedisiplinan belajar, siswi dilatih dalam kegiatan keorganisasian dan penumbuhan rasa percaya diri dalam diri siswi.
Pembinaan dan latihan untuk membentuk sikap kedisiplinan ini bisa melalui kegiatan keorganisasian. Di dalam organisasi tersebut seorang individu dapat memenuhi sebagian dari kebutuhannya antara lain menampakkan harga diri dan status sosialnya Pentingnya kehadiran organisasi dapat dipahami karena organisasi memiliki fungsi dan peran sebagai perangkat yang potensial dalam mendukung tercapainya tujuan tersebut.
Adapun tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui bagaimana keaktifan berorganisasi siswi kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020, 2) mengetahui bagaimana kedisiplinan belajar siswi kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020, 3) mengetahui adanya pengaruh keaktifan berorganisasi terhadap kedisiplinan belajar siswi kelas VIII MTs Darul Huda Ponorogo.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitiannya adalah seluruh pengurus (OSIS) kelas VIII MTs Darul Huda yang berjumlah 75 siswi, jumlah sampelnya 63 anak dari jumlah populasi dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sedangkan analisa data untuk mejawab rumusan masalah menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Dari analisis data yang dilakukan peneliti, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Keaktifan berorganisasi siswi kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 masuk dalam kategori sedang, dengan prosentase 71,66%, 2) Kedisiplinan belajar siswi kelas VIII MTs Darul Huda Mayak Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 masuk dalam kategori sedang, dengan prosentase 61,33%, 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara keaktifan berorganisasi terhadap kedisiplinan belajar siswi dengan kategori sebesar 29,4% dan sisanya 70,6% dipengaruhi variabel lain dengan Fhitung (16,64) > Ftabel (3,16) dan koefisien determinasi (R2) sebesar 39,9%

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 02:25
Last Modified: 10 May 2021 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13335

Actions (login required)

View Item View Item