(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN DAN TAMBAHKAN LEMBAR KESALIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah Sebelum dan Selama Terdampak Covid-19

Agritania, Adelin (2021) (LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN DAN TAMBAHKAN LEMBAR KESALIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)...Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah Sebelum dan Selama Terdampak Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Adelin Agritania. 210817076.PS. SP.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Agritania, Adelin. 2020. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Bank BRI Syariah dan BNI Syariah Sebelum dan Selama Terdampak Covid-19. Laporan Praktikum. Jurusan Perbankan Syariah, FEBI, IAIN PONOROGO. Program Sarjana S-1. Dosen Pembimbing Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.
Kata kunci: Risk Profile, Good Corporate Governance, Earnings, Capital
Dengan adanya pandemi covid-19 seperti saat ini membuat beberapa perusahaan menutup usahanya dengan tujuan mengurangi penyebaran coronavirus yang berbahaya ini. Dan hal tersebut bisa mempengaruhi pengalokasian dana pihak ketiga ke perbankan mengalami penurunan, sehingga hal tersebut membuat Bank mengalami dampak dari adanya covid-19 tersebut. Dengan demikian pada periode 2020 ini dapat dikatakan sebagai periode terdampaknya covid-19 di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan kinerja keuangan Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah sebelum dan selama terdampak covid-19. Penelitian ini secara khusus hanya mengukur kinerja keuangan Bank dengan memfokuskan pada analisis RGEC (risk profile, good corporate governance, earnings, dan capital). RGEC merupakan indikator penilaian untuk menentukan apakah suatu laporan Bank layak disebut sehat atau tidak.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang di peroleh dari annual report data triwulan Bank BRI Syariah dan annual report data triwulan Bank BNI Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan pada Bank BRI Syariah Periode 2019-2020 sebelum dan selama terdampak covid-19 dan perbandingan RGEC pada Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah periode 2019-2020.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja keuangan Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah dilihat dari risk profil NPF dan FDR pada kedua Bank tersebut menyatakan Bank BNI Syariah lebih sehat dibandingan dengan risk profile NPF dan FDR Bank BRI Syariah. GCG Bank BRI Syariah dan Bank BNI Syariah sama-sama mendapat predikat Baik. Earnings ROA dan ROE Bank BNI Syariah lebih sehat ketika dibandingkan dengan earnings ROA dan ROE Bank BRI Syariah. Capital Bank BRI Syariah lebih sehat dibandingkan dengan capital Bank BNI Syariah. Dengan begitu maka kinerja keuangan Bank BNI Syariah dapat dinyatakan lebih baik dari pada kinerja keuangan Bank BRI Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 02:23
Last Modified: 10 May 2021 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13334

Actions (login required)

View Item View Item