Analisis Perubahan Perilaku Konsumsi Keluarga TKI

Syahanafirrizky, Syahanafirrizky (2021) Analisis Perubahan Perilaku Konsumsi Keluarga TKI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717111_Syahanafirrizky_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Syahanafirrizky. Analisis Perubahan Perilaku Konsumsi Keluarga TKI. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Unun Roudlotul Janah, M.Ag.

Kata kunci: Keluarga TKI, Perilaku Konsumsi, Gaya Hidup

Adanya perubahan ekonomi yang membuat perilaku dan sikap seseorang mengalami perubahan terhadap lingkungan sekitar, lebih individual, acuh tak acuh, dimana perilaku ini tidak sesuai dengan teori konsumsi Islami yang seharusnya mengandung maslahah (kesejahteraan dan manfaat lahir batin yang tidak merugikan baik individu maupun sosial). Oleh karena itu, peneliti menemukan masalah yang menarik di Desa Polorejo, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo terkait gaya hidup yang menimbulkan pemborosan dan menyebabkan kesenjangan sosial.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis gaya hidup keluarga TKI di Desa Polorejo, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo dalam perspektif ekonomi islam, faktor yang melatarbelakangi gaya hidup keluarga TKI di Desa Polorejo, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo dan dampak gaya hidup keluarga TKI terhadap sosial bermasyarakat di Desa Polorejo, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode analisis induktif. Metode pengumpulan data melalui wawancara, obsevasi, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini adanya perubahan gaya hidup keluarga TKI di Desa Polorejo, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo mereka menerapkan prinsip perilaku konsumsi islami, diantaranya prinsip keadilan, prinsip kebersihan, dan prinsip moralitas (nilai keseimbangan, nilai kesucian, dan nilai pertanggung-jawaban). Tetapi keluarga TKI tidak menerapkan prinsip konsumsi islami yaitu prinsip kesederhanaan, prinsip kemurahan hati dan prinsip moralitas berdasarkan norma dan etika islami (nilai moderasi) dalam menjalankan kegiatan konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Faktor-faktor yang mempengaruhi gaya hidup keluarga TKI hanya disebabkan oleh faktor internal yaitu pengalaman dan pengamatan, kepribadian seseorang, konsep diri dan motif seseorang dalam melakukan kegiatan konsumtif. Tetapi faktor sikap terhadap suatu merk barang, tidak mempengaruhi gaya hidup keluarga TKI. Sedangkan faktor eksternal yang mempengaruhi gaya hidup TKI di sebabkan oleh faktor kelompok referensi, keluarga, kelas sosial dan kebudayaan. Keluarga TKI juga memberikan dampak negatif bagi masyarakat sekitar yaitu adanya kecemburuan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 10 May 2021 02:02
Last Modified: 10 May 2021 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13319

Actions (login required)

View Item View Item