Analisis Penerapan Manajemen Risiko pada Pembiayaan Murabahah di BRI Syariah KCP Ngawi

Sudarti, Yayuk (2021) Analisis Penerapan Manajemen Risiko pada Pembiayaan Murabahah di BRI Syariah KCP Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
YAYUK SUDART-IAINPO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sudarti, Yayuk. Analisis Penerapan Manajemen Risiko pada Pembiayaan Murabahah di BRI Syariah KCP Ngawi. Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ratna Yunita, M.A.

Kata Kunci: Identifikasi, Pengukuran, Pemantauan dan Pengendalian

Setiap lembaga keuangan mengalami berbagai risiko dalam kegiatan usahanya, salah satunya risiko pembayaan. Risiko pembiayaan muncul jika lembaga keeuangan tidak bisa memperoleh kembali cicilan pokok yang diberikannya. BRI Syariah KCP Ngawi dalam menyalurkan pembiayaan, porsi terbanyak adalah pembiayaan murabahah. Namun dalam memberikan pembiayaan kepada nasabah muncul berbagai risiko salah satunya adalah pembiayaan bermasalah. Hal ini dapat menyebabkan turunnya pendapatan maupun tingkat kesehatan bank. Oleh karena itu untuk mengelola risiko pembiayaan dibutuhkan penerapan manajemen risiko untuk meminimalisir kemungkinan atau konsekuensi kerugian pembiayaan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana identifikasi risiko pada pembiayaan murabahah di BRI Syariah KCP Ngawi? Bagaimana pengukuran risiko pada pembiayaan murabahah di BRI Syariah KCP Ngawi? Bagaimana pemantauan risiko pada pembiayaan murabahah di BRI Syariah KCP Ngawi? Bagaimana pengendalian risiko pada pembiayaan murabahah di BRI Syariah KCP Ngawi. Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian (field research), teknik pengumpulan data dengan cara wawancara observasi dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data menggunakan metode kualitatif deduktif yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut. Data yang menjadi sumber data adalah BRI Syariah KCP Ngawi.
Hasil dari penelitian ini adalah penerapan manajemen risiko pembiayaan murabahah di BRI Syariah KCP Ngawi, yaitu Identifikasi risiko dengan menganalisa kelayakan calon nasabah mengunakan 5C namun yang paling diuatamakan hanya 2C (character dan colleteral) kemudian dilakukan pengecekan BI checking untuk mengetahui apakah nasabah memiliki tanggungan di bank lain. Pengukuran risiko dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif dan di lakukan pengelompokan untuk nasabah yang mengalami kelancaran hingga macet. Pemantauan risiko dilakukan pada saat awal kunjungan dan sesudah pencairan pembiayaan akantetapi belum dilakukan secara maksimal. Pengendalian risiko dilakukan dengan memberikan pembiayaan sesuai dengan kebutuhan nasabah dan kapasitas nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Yunita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 07:20
Last Modified: 07 May 2021 07:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13309

Actions (login required)

View Item View Item