Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Bisnis Online Perlengkapan Alat Shalat Di Sanaya Kids Ponorogo

Wardani, Rosi Kusuma (2021) Penerapan Etika Bisnis Islam Pada Bisnis Online Perlengkapan Alat Shalat Di Sanaya Kids Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Rosi Kusuma Wardani_210716052_etheses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sanaya Kids adalah brand dari sebuah produk mukena anak dan sarung anak, yang diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 Maret 2013. Ide pendirian usaha ini berawal dari belajar konsep titles marketing (judul pemasaran) berbasis online selama dua tahun. Dalam menjalankan usahanya secara online Sanaya Kids belum sepenuhnya jujur atas kualitas produk yang dijualnya. Saat melakukan pengecekan kerap ditemukan ada cacat barang seperti jaitan tidak rapi, ada noda akibat proses produksi dan ukuran yang tidak sesuai. Dengan adanya cacat barang tersebut tentu pelaku usaha melakukan berbagai cara supaya kekurangan dari barang tersebut bisa diatasi dan tidak sampai ke tangan konsumen dengan kondisi yang demikian. Pemilik usaha juga menetapkan harga yang sama, meski kualitas produk yang di jual belikan terdapat cacat pada produk. Oleh karena itu, penelitian ini merumuskan masalah untuk mengetahui: (1) perspektif ekonomi bisnis Islam pada praktik jual beli online perlengkapan alat shalat di Sanaya Kids Ponorogo. (2) cara penetapan harga pada bisnis online perlengkapan alat shalat di Sanaya Kids Ponorogo dan (3) dampak jual beli online perlengkapan alat shalat di Sanaya Kids Ponorogo.
Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian langsung yang dilakukan di lapangan atau kepada responden. Penelitian dilakukan pada Bisnis Online Sanaya Kids Ponorogo dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa (1) praktik jual beli online perlengkapan alat shalat di Sanaya Kids Ponorogo belum sepenuhnya menerapkan prinsip-prinsip etika bisnis Islam. Beberapa prinsip yang telah diterapkan yaitu prinsip kebebasan, prinsip tanggungjawab dan prinsip ihsan. Sedngkan prinsip kestuan, prinsip keseimbangan dan prinsip kebenaran, kbajikan dan kejujuran belum diterapkan oleh Sanaya Kids Ponorogo (2) cara penetapan harga pada bisnis online perlengkapan alat shalat di Sanaya Kids Ponorogo belum sepenuhnya menerapkan cara penetapan harga. Beberapa yang telah diterapkan yaitu keterjangkauan harga, daya saing harga dan kesesuaian harga dengan manfaat. Sedangkan kesesuaian harga dengan kualitas produk belum diterapkan oleh Sanaya Kids Ponorogo dan (3) jual beli secara online memberikan dampak yang positif pada bisnis online perlengkapan alat shalat di Sanaya Kids Ponorogo. Beberapa dampaknya yaitu, meningkatkan pangsa pasar, menurunkan biaya opersaional, melebarkan jangkauan dan meningkatkan customer loyalty.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 07:19
Last Modified: 07 May 2021 07:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13308

Actions (login required)

View Item View Item