ANALISIS DESKRIPTIF PEMILIHAN FRANCHISE TEH POCI PADA WIRAUSAHA PONOROGO

Susanti, Asri Yunia Tri (2021) ANALISIS DESKRIPTIF PEMILIHAN FRANCHISE TEH POCI PADA WIRAUSAHA PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210717102_ASRI YUNIA TRI SUSANTI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Susanti, Asri Yunia Tri. Analisis Deskriptif Pemilihan Franchise Teh Poci Pada Wirausaha Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Nurma Fitrianna, M.SM.
Kata Kunci: Bisnis, Franchise, Teh Poci
Wirausaha di Ponorogo memutuskan untuk menjadi franchisee Teh Poci karena dinilai praktis, dan sistem bisnisnya sudah teruji, sehingga kemungkinan terjadinya kegagalan dalam memasarkan produk sangat kecil. Meskipun demikian bisnis franchise memiliki peraturan yang harus dijalankan dan dipatuhi oleh franchisee Teh Poci. Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui mekanisme bergabung dalam bisnis franchise Teh Poci, alasan wirausaha Ponorogo memilih menjalankan bisnis franchise Teh Poci, dan dampak pemilihan bisnis franchise Teh Poci pada wirausaha Ponorogo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data triagulasi yakni menggabungkan antara observasi, wawancara, dan dokumentasi pada bisnis franchise Teh Poci di Ponorogo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa franchisee Teh Poci keberatan dengan peraturan yang diberlakukan oleh franchisor terutama untuk pemilihan penempatan outlet Teh Poci harus berjarak 2 kilometer dengan outlet Teh Poci lain dan harus melewati pertimbangan franchisor dalam penentuan lokasi outlet Teh Poci, selain itu kewajiban untuk terus menaati peraturan terkait operasional bisnis. Namun karena biaya untuk menjadi mitra bisnis murah, Teh Poci sudah dikenal oleh masyarakat, dan Teh Poci memiliki cita rasa teh yang khas, Respon masyarakat terhadap produk Teh Poci sangat bagus, dan prospek bisnis Teh Poci menjanjikan kedepannya maka wirausaha memutuskan untuk memilih menjadi mitra bisnis franchisee Teh Poci. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan literatur kepustakaan, menambah variabel penelitian, menambah wawasan, dan pengetahuan konsumen maupun penelitian selanjutnya, serta menjadi bahan pertimbangan bagi wirausaha yang ingin memilih bisnis franchise Teh Poci.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nurma Fitrianna
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 07:18
Last Modified: 07 May 2021 07:18
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13306

Actions (login required)

View Item View Item