KONTRIBUSI UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) PADA KESEJAHTERAAN KARYAWAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Usaha Awicho Cokelat Tempe Ngawi)

Sari, Etik Nofita (2021) KONTRIBUSI UMKM (USAHA MIKRO KECIL MENENGAH) PADA KESEJAHTERAAN KARYAWAN DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Kasus Usaha Awicho Cokelat Tempe Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETIK NOFITA SARI E-THESES IAIN PONOROGO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sari, Etik Nofita. Kontribusi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) pada Kesejahteraan Karyawan dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Usaha Awicho Cokelat Tempe Ngawi). Skripsi, 2021, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Bapak Faruq Ahmad Futaqi SE., M.E.

Kata Kunci: Kesehatan, Pendidikan, Ketenagakerjaan, Perumahan dan Lingkungan, Teknologi, Informasi dan Komunikasi

UMKM di harapkan dapat membantu kesejahteraan karyawan. Namun, tidak semua indikator kesejahteraan dapat dipenuhi oleh UMKM. Sebagaimana hal ini terjadi pada Karyawan Awicho Cokelat Tempe Ngawi. Diantaranya, sistem pengupahan yang dilakukan oleh Awicho Cokelat Tempe dengan menggunakan sistem borongan ternyata belum memenuhi UMR (Upah Minimum Regional) Kabupaten Ngawi. Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi kesejahteraan karyawan karyawan Awicho Cokelat Tempe dengan batasan 5 indikator kesejahteraan BPS (Badan Pusat Statistik) dan perspektif Ekonomi Islam.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan sifat penelitian analisis deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 6 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Mekanisme Awicho Cokelat Tempe Ngawi dalam mensejahterakkan karyawannya menurut perspektif ekonomi Islam memberikan dampak yang positif. Awicho Cokelat Tempe telah memenuhi kebutuhan hifdz Ad-Din dengan memberikan sarana serta prasarana beribadah karyawan. Pemenuhan kebutuhan Hifdz An-‘Aql dengan mengikutsertakan karyawan dalam pelatihan usaha. Memberikan upah yang adil sesuai dengan jerih payah dan keringat karyawan. Belum terpenuhinya hidz An-Nasab karena tidak adanya bantuan terkait perumahan dan lingkungan karyawan. Terpenuhinya kebutuhan hifdz an-maal dengan membeli mesin-mesin canggih dapat mempermudah pekerjaan karyawan. Kendala-kendala yang dihadapi oleh Awicho cokelat Tempe dalam mensejahterkan karyawannya menurut perspektif ekonomi Islam, belum terpenuhi hifdz an-nafs karena tidak adanya bantuan BPJS Ketenagakerjaan. Belum terpenuhinya hifdz an-aql karena belum semua karyawan mengikuti pelatihan usaha. Upah yang diberikan adil sesuai denganjerih payah karyaawan namun masih dibawah UMR. Belum terpenuhinya hidz An-Nasab karena tidak adanya bantuan terkait perumahan dan lingkungan karyawan. Belum semua karyawan dapat menggunakan mesin-mesin produksi maupun packing. Solusi yang diberikan oleh Awicho Cokelat Tempe dalam mensejahterakan karyawannya dalam perspktif ekonomi Islam terpenuhinya kebutuhan hifdz an-nafs dengan memberikan santunan kepada karyawan yang mengalami sakit. Terpenuhinya hifdz an-aql dengan mengikutsertakan semua karyawan dalam pelatihan usaha dikemudian hari. Terpenuhinya upah karyawan secara adil dengan mengajak para karyawan untuk berlibur, makan bersama, buka bersama, memberikan THR. Terpenuhinya kebutuhan hifdz an-nasab dengan rasa bersyukur atas rumah yang dimilikinya yang nyaman serta layak huni sudah dapat digunakan untuk memeilihara anak dan keturunan. Lebih belajar lagi dalam mengoperasikan mesin-mesin produksi maupun packing sehingga dapat meningkatkan hasil produksi dan meningkatkan ibadah kepada Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 06:10
Last Modified: 07 May 2021 06:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13302

Actions (login required)

View Item View Item