Pengaruh Emosi Positif Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee Di Karesidenan Madiun

Nihayaturrohmah, Fajrin (2021) Pengaruh Emosi Positif Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee Di Karesidenan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210716048_FAJRIN NIHAYATURROHMAH_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Nihayaturrohmah, Fajrin. 2021, Pengaruh Emosi Positif Dan Motivasi Belanja Hedonis Terhadap Pembelian Impulsif Pada Konsumen Shopee Di Karesidenan Madiun. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah
Kata kunci: pembelian impulsif, emosi positif dan motivasi belaanja hedonis.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat. hal ini tidak terlepas dari peran internet dalam mengakses informasi dan komunikasi. Kini internet telah menjadi kebutuhan masyarakat, sebagaiman penggunaa internet dari tahun ke tahun semakin meningkat, hal ini dapat dimanfaatkan sebagai pasar potensial bagi e-commerce. Salah satu e-commerce yang banyak diminati konsumen adalah Shopee. Banyaknya persaingan dalam bisnis e-commerce menuntut pelaku bisnis untuk bisa memahami perilaku konsumen agar dapat menciptakan pembelian atas barang dan jasa yang ditawarkan. Pembelian impulsif merupakan perilaku konsumen yang menarik bagi para pelaku bisnis, dengan tindakan impulsif tersebut produk dan jasa yang ditawarkan akan lebih mudah terjual.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Apakah emosi positif berpengaruh terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee di Karesidenan Madiun?, 2. Apakah motivasi belanja hedonis berpengaruh terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee di Karesidenan Madiun?, 3. Apakah emosi positif dan motivasi belanja hedonis berpengaruh secara simultan terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee di Karesidenan Madiun?.
Jenis penelitian dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan media kuesioner. Subjek dalam penelitian ini adalah konsumen Shopee di Karesidenaan Madiun. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda, uji t, uji f, dan koefisien determinasi. Berdasarkan : secara parsial emosi positif beasil analisis diperoh hasil bahwa: secara parsial emosi positif berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee di Karesidenan Madiun dan motivasi belanja hedonis berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembelian impulsif pada konsumen Shopee di Karesidenan Madiun, secara simultan emosi positif dan motivasi belanja hedonis berpengaruh secara bersama-sama terhadap pembeliaan impulsif pada konsumen Shopee di Karesidenan Madiun.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhtadin Amri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 03:58
Last Modified: 07 May 2021 03:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13295

Actions (login required)

View Item View Item