Pengaruh Literasi Ekonomi, Konformitas Teman Sebaya, Dan Modernitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Ponorogo

Agustin, Riska Aprilya (2021) Pengaruh Literasi Ekonomi, Konformitas Teman Sebaya, Dan Modernitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717133_RISKA APRILYA_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Agustin, Riska Aprilya. Pengaruh Literasi Ekonomi, Konformitas Teman Sebaya Dan Modernitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa IAIN Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ika Susilawati, M.M.
Kata Kunci: Literasi Ekonomi, Konformitas Teman Sebaya, Modernitas, Perilaku Konsumtif.

Kebanyakan orang mengkonsumsi sesuatu bukan dari segi fungsionalnya, melainkan dari keadaan sosial yang berkembang (trend) yang sedang berkembang. Hal inilah yang bisa menyebabkan perilaku konsumtif. Berdasarkan observasi awal, menunjukkan bahwa mahasiswa IAIN Ponorogo memiliki kecenderungan berperilaku konsumtif. Terbukti adanya 6 mahasiswa berperilaku konsumtif tinggi dan 8 mahasiswa berperilaku konsumtif tingkat sedang. Tingkat literasi ekonomi mahasiswa berpengaruh pada perilaku konsumif mahasiswa, hal ini literasi ekonomi dapat menjadi pedoman dalam menentukan skala prioritas, tetapi pada mahasiswa IAIN Ponorogo kebanyakan membelanjakan pendapatannya untuk membeli makanan/minuman, fashion, pulsa/paket data, dan skincare. Selain itu, konformitas teman sebaya mahasiswa juga berpengaruh tingkat konformitas mahasiswa tinggi pada menerima saran dari teman ketika berbelanja sehingga tidak berbelanja sesuai dengan skala prioritas yang telah disusun. Modernitas juga berpengaruh pada tingkat perilaku konsumtif mahasiswa, mahasiswa Ponorogo kebanyakan berbelanja menurut mereka menarik dan cenderung impulsif dalam berbelanja, mereka berbelanja barang yang kemungkinan dirasa akan berguna kelak, hal ini akan juga menimbulkan perilaku konsumtif karena tidak memprioritaskan kebutuhan saat ini. Subjek dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa aktif jenjang S1 IAIN Ponorogo, dengan sampel 99 mahasiswa S1 semua jurusan.
Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi ekonomi terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa IAIN Ponorogo. (2) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh konformitas teman sebaya terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa IAIN Ponorogo. (3) Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh modernitas terhadap perilaku konsumtif pada mahasiswa IAIN Ponorogo. (4)Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi ekonomi, konformitas teman sebaya, dan modernitas terhadap perilaku konsumtif pada Mahasiswa IAIN Ponorogo.
Dari penelitian ini, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Literasi ekonomi berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa IAIN Ponorogo, (2) Konformitas teman sebaya berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa IAIN Ponorogo, (3) Modernitas berpengaruh secara parsial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa IAIN Ponorogo, (4) Literasi ekonomi, konformitas teman sebaya, dan modernitas berpengaruh secara simultan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa IAIN Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 03:50
Last Modified: 07 May 2021 03:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13293

Actions (login required)

View Item View Item