(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...REPRESENTASI SABAR DALAM FILM SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA HARIS NIZAM (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Novianti, Diah Ayu (2021) (LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, UPLOAD ULANG)...REPRESENTASI SABAR DALAM FILM SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA HARIS NIZAM (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E-THESES DIAH AYU NOVIANTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Novianti, Diah Ayu. 2021. Representasi Sabar Dalam Film Surat Kecil Untuk Tuhan Karya Haris Nizam (Analisis Semiotika Roland Barthes).
Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Prmbimbing Galih Akbar Prabowo, M.A.
Kata kuci:Representasi Sabar, Film Surat Kecil Untuk Tuhan, Analisis
Semiotika Roland Barthes
Media dakwah melalui seni dan budaya memiliki perkembangan yang sangat signifikan dalam Islam. Adapun wujud dari seni dan budaya itu salah satunya melalui media film. Film menjadi salah satu media alternatif utama, karena penonton seringkali terpengaruh dan cenderung mengikuti seperti halnya peran yang ada pada film tersebut. Hal ini menjadi peluang untuk berdakwah melulai media film ketika efek dari film bisa diisi dengan konten-konten keislaman. Salah satunya pada film Surat Kecil Untuk Tuhan. Penelitian ini fokus pada representasi sabar yang terkandung dalam film Surat Kecil Untuk Tuhan, terutama pada tokoh Pak Joddy dan Keke berdasarkan teori Semiotika Roland Barthes.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuirepresentasisabar yang terdapat di dalam film Surat Kecil Untuk Tuhan dan untuk menganalisis maknaDenotasi dan Konotasi dalam film tersebut.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode semiotika Roland Barthes. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data semiotika Roland Barthes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa makna denotasi dalam film ini adalah perjuangan seorang ayah untuk menyembuhkan dan merawat anaknya dari penyakit kanker ganas dengan sikap yang sangat sabar menerima ujian dari Allah. Makna konotasi dalam film ini adalah rasa sabar dapat membuat kita terhindar dari rasa putus asa karena ujian dari Allah, rasa sabar juga membuat kita sukses dalam berjuang bertahan menghadapi ujian dari Allah karena senantiasa mendapat pertolongan dari Allah dan dicintai Allah SWT. Dan Representasi sabar dalam film Surat kecil Untuk Tuhan, terutama pada tokoh Pak Joddy dan Keke meliputi: 1) sabar atas musibah. 2) sabar atas nikmat. 3) sabar menunggu janji Allah. 4) sabar dalam hinaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 03:16
Last Modified: 07 May 2021 03:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13290

Actions (login required)

View Item View Item