Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Di BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto dengan Pendekatan Partial Leas Square (PLS)

Qumalasari, Indah (2021) Pengaruh Persepsi dan Pengetahuan Terhadap Minat Menabung Di BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto dengan Pendekatan Partial Leas Square (PLS). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
watermark.skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Qumalasari, Indah. 2021. Pengaruh persepsi dan pengetahuan Terhadap Minat Menabung di BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto dengan Pendekatan Partial Least Square (Studi Kasus di Masyarakat Kecamatan Sukorejo). Skripsi. Jurusan Perbakan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci: Persepsi, Pengetahuan, Minat, Partial Least Square (PLS).
Indonesia dengan masyarakat yang mayoritas muslim tetapi belum mampu menunjukkan persepsi yang baik terhadap bank syariah. Meski sudah beberapa dekade bank syariah beroprasi di Indonesia penetrasinya masih sangat rendah. Begitu pula yang terjadi di BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto. Kecamatan Sukorejo merukan salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Ponorogo. Kurangnya minat masyarakat Kecamatan Sukorejo Ponorogo untuk menabung di BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto karena kurangnya persepsi dan pengetahuan masyarakat tentang bank syariah. Adapun permasalahan yang ditemui di lapangan berdasrkan hasil wawancara dengan masyarakat Sukorejo adalah persepsi dan pengetahuan masyarakat Kecamatan Sukorejo Ponorogo tentang bank syariah baik tetapi minat menabung pada masyarakat Kecamatan Sukorejo Ponorogo masih rendah.
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan dengan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 49657 masyarakat Kecamatan Sukorejo dan jumlah sampel sebanyak 97 orang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode incidental sampling yaitu penentuan sampel secara insidental/kebetulan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan angket/kuesioner. Analisis datanya menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan tahapan Perancangan Model Struktural (Inner Model), Perancangan Model Pengukuran (Outer Model),dan Evaluasi Model.
Dari analisis data yang telah dilakukan dapat disipulkan bahwa persepsi berpengaruh positif terhadap minat menabung di BSI SKCP Ponorogo Cokroaminito sebesar 52,6%, pengetahuan berpengaruh positif terhadap minat menabung di BRI Syariah Ponorogo sebesar 48,0%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa persepsi dan pengetahuan berpengaruh terhadap minat menabung di BSI KCP Ponorogo Cokroaminoto sebesar 63,3% sedangkan sisanya 36,7% dipengaruhi faktor lain. varabel yang paling dominan adalah variabel persepsi (X1) dengan besaran kontribusi terhadap Y adalah sebesar 34,0% sedangkan variabel pengetahuan (X2) memberikan kontribusi terhadap Y sebesar 29,3%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 02:50
Last Modified: 07 May 2021 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13287

Actions (login required)

View Item View Item