Analisis Strategi Produksi Dan Sosiologi Ekonomi Pada Usaha Krupuk Alami Jaya Magetan

Faujiyah, Dewi Sifak (2021) Analisis Strategi Produksi Dan Sosiologi Ekonomi Pada Usaha Krupuk Alami Jaya Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717161_Dewi Sifak Faujiyah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (882kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Faujiyah, Dewi Sifak. Analisis Strategi Produksi Dan Sosiologi Ekonomi Pada Usaha Krupuk Alami Jaya Magetan. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ridho Rokamah S.Ag., M.Si

Kata kunci: Strategi, Produksi, Sosiologi Ekonomi

Menurut teori rangsangan upah dan isentif dapat meningkatakan produktivitas, efisiensi dan efektifitas kerja. Pada usaha krupuk alami jaya menggunakan sisitem upah borongan. Untuk meningkatkan produktivitas kerja usaha krupuk alami jaya Magetan menambahkan isentif untuk memberikan motivasi kerja dan mencapai tingkat produktivitas. Namun pada kenyataannya rangsangan upah tidak berpengaruh pada produktivitas kerja karyawan. Khususnya di musim tanam dan panen karyawan memilih sebagai petani.

Tujuan penelitian inia adalah menganalisis strategi produksi pada usaha krupuk alami jaya Magetan, serta menganalisis dampak strategi produksi pada usaha krupuk alami jaya Magetan dan menganalisis faktor sosial ekonomi karyawan memilih sebagai petani. Peneitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini adalah penilitian lapangan (field reasearch). Teknik pengumpulan data adalah dari wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan metode deduktif yang diawali dengan pernyataan umum dan diakhiri kesimpulan khusus.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa strategi produksi pada usaha krupukalami jaya Magetan adalah melalui : peningkatan sumber daya manusia (people), peralatan produksi (plant), bahan baku produksi (parts), metode dan teknologi (procesess), perencanaan dan pengandalian menyangkut struktur organsasi dan kemampuan manajemen (planing and controling). Dampak strategi produksi yang dilakukan tidak hanya memberikan kontribusi yang baik melainkan masih terdapat hambatan dalam produksi khusunya pada musim hujan, tanam, dan panen. Alasan karyawan memilih sebagai petani karena faktor sosial ekonomi dimana profesi sebagai petani dilakukan untuk meneruskan warisan nenek moyang yang tidak hanya bertujuan untuk kentungan komersial melainkan untuk bertahan hidup dan membiayai anak sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 03:15
Last Modified: 07 May 2021 03:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13286

Actions (login required)

View Item View Item