ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BRI SYARIAH KCP NGAWI

Martini, Dwi (2021) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PEMBIAYAAN MURABAHAH PADA BRI SYARIAH KCP NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DWI MARTINI_SKRIPSI.pdf

Download (984kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Martini, Dwi’. 2021 “ Analisis Strategi Pemasaran Pembiayaan Murabahah pada BRI Syariah KCP Ngawi ’’ Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Aji Damanuri. M.E.I.
Kata kunci : Strategi Pemasaran, Segmentasi, targeting, Positioning, Pembiayaan Murabahah
Dalam memasarkan suatu produk seorang marketer harus tahu betul siapa yang akan menjadi konsumennya. banyaknya lembaga keuangan baik Bank konvensional maupun non Bank menjadikan BRI Syariah KCP Ngawi sebagai lembaga keuangan syariah harus mampu bersaing secara kompetitif Oleh sebab itu diperlukan strategi segmentasi, Targeting, dan positioning dalam menentukan segmen pasar dan target pasar yang ingin dituju serta agar perusahaan mampu menanamkan citra perusahaan di benak konsumen.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana strategi pemasaran segmentasi, targeting, positioning pada pembiayaan murabahah di BRI syariah KCP Ngawi? (2) bagaimana dampak dari strategi pemasaran segmentasi, targeting, dan positioning pada pembiayaan Murabahah di BRI Syariah KCP Ngawi? (3) bagaimana kendala dan solusi yang di hadapi dalam menerapkan strategi pemasaran segmentasi, targeting, dan positioning pada pembiayaan murabahah di BRI Syariah KCP Ngawi? Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian fieldresearch karena peneliti dalam melakukan pencarian data serta pengumpulan data dilakukan di tempat terjadinya fenomena atau kasus tertentu terjadi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, karena penelitian ini menghasilkan data atau kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang di wawancarai atau di amati.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan penulis, penelitian ini menunjukkan strategi segmentasi dengan mengelompokkan konsumennya kedalam beberapa segmen pesikografis diantaranya meliputi kelas sosial. Adapun BRI Syariah KCP Ngawi memposisikan produknya sebagai produk pembiayaan yang berkualitas sesuai kebutuhan masyarakat sekitar yang akan melakukan pengajuan pembiayaan. Adapun kendala yang dialami yaitu terdapat pesaing yang membidik segmen serupa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 02:49
Last Modified: 07 May 2021 02:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13270

Actions (login required)

View Item View Item