PENGARUH FINANCING TO DEPOSIT RATIO DAN NON PERFORMING FINANCING TERHADAP RETURN ON ASSETS DENGAN CAPITAL ADEQUACY RATIO SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2012-2019

Fajriati, Lutfia Abriet (2021) PENGARUH FINANCING TO DEPOSIT RATIO DAN NON PERFORMING FINANCING TERHADAP RETURN ON ASSETS DENGAN CAPITAL ADEQUACY RATIO SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA TAHUN 2012-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LUTFIA ABRIET FAJRIATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lutfia, Abriet Fajriati, 2021. Pengaruh Financing to Deposit Ratio dan Non Performing Financing Terhadap Return On Assets dengan Capital Adequacy Ratio sebagai Variabel Intervening Pada Perbankan Syariah di Indonesia tahun 2012-2019. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah.
Kata kunci: ROA,CAR, NPF, Bank Syariah.
Pendapatan pada Bank Syariah sangat ditentukan oleh seberapa banyak keuntungan atau laba yang diterima bank. Beberapa faktor yang menjadi indiktor pendapatan Bank Syariah adalah pendanaan pembiayaan dan juga minimnya pembiayaan bermasalah. Semakin besar pembiayaan terhadap dana pihak ketiga maka semakin besar laba yang akan diterima dan semakin tinggi tingkat NPF maka akan menurunkan laba bank. Bank dengan CAR yang cukup besar maka akan mampu meningkatkan profitabilitas bank. Secara teori variabel FDR berpengaruh positif terhadap ROA karena meningkatnya rasio FDR maka laba bank akan semakin meningkat. Variabel NPF berpengaruh Negatif terhadap ROA karena dengan menurunnya rasio NPF maka akan dapat meningkatkan laba bank. Dan variabel CAR sebagai variabel intervening juga berpengaruh positif terhadap ROA karena dengan CAR yang meningkat maka akan dapat meningkatkan profitabilitas bank. Sedangkan pada faktanya, ketika NPF menurun profitabilitas pada bank syariah juga mengalami penurunan, sedangkan ketika FDR dan CAR mengalami peningkatan ROA justru mengalami penurunan. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh FDR dan NPF secara parsial dan simultan terhadap ROA?, Apakah terdapat pengaruh FDR, NPF dan CAR secara parsial dan simultan terhadap ROA pada BUS?, Apakah CAR dapat memediasi pengaruh antara FDR dan NPF terhadap ROA pada BUS?
Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan populasi Bank Umum Syariah di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang telah ditentukan peneliti sehingga diperoleh 4 bank umum syariah pada periode 2012 hingga 2019. Penelitian ini menggunakan data sekunder dengan metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis asosiatif yaitu dengan pengujian regresi linier berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis, uji koefisien determinasi, dan analisis jalur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel FDR berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap ROA, NPF berpengaruh negatif signifikan terhadap terhadap ROA. Sedangkan CAR berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA. Secara simultan variabel FDR dan NPF secara bersama-sama tidak berpengaruh signifikan terhadap ROA. Untuk hasil analisis jalur diperoleh hasil bahwa Variabel CAR tidak dapat memediasi dalam pengaruh FDR dan NPF terhadap ROA.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 02:46
Last Modified: 07 May 2021 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13266

Actions (login required)

View Item View Item