Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Kosmetik Tidak Berlabel BPOM dalam Perspektif Islam (Studi Kasus pada Ibu-Ibu Arisan Desa Pelang Kidul Kabupaten Ngawi)

Firdaus, Oktavia Ardila (2021) Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Kosmetik Tidak Berlabel BPOM dalam Perspektif Islam (Studi Kasus pada Ibu-Ibu Arisan Desa Pelang Kidul Kabupaten Ngawi). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
OKTAVIA ARDILA FIRDAUS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Firdaus, Oktavia Ardila. 2021. Analisis Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Kosmetik Tidak Berlabel BPOM dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Pada Ibu-Ibu Arisan Desa Pelang Kidul Kabupaten Ngawi). Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Ratna Yunita, M.A
Kata kunci: Perilaku Konsumen, Keputusan Pembelian, Label BPOM

Kosmetik merupakan salah satu kebutuhan perempuan. Produk-produk kosmetik yang sudah banyak di pasarkan saat ini masih banyak yang belum memenuhi standar kualitas baik dari kandungan bahan, maupunn keamanan produk. hal ini membuat masyarakat harus selektif dalam memilih produk yang akan digunakan. Banyaknya produk-produk yang beredar di pasaran saat ini, peran pengawasan pemerintah dalam mengatur beredarnya produk kosmetik harus senantiasa dilakukan agar kualitas perlindungan konsumen meningkat. Karena itulah pemerintah membentuk Badan Pngawas Obat dan Makanan (BPOM) yang memiliki wewenang untuk menegakkan hukum dan usaha professional yang tinggi untuk mengawasi produk-produk yang beredar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian produk kosmetik tidak berlabel BPOM oleh ibu-ibu arisan Desa Pelang Kidul Kabupaten Ngawi dan menganalisis perilaku konsumen dalam pembelian produk kosmetik tidak berlabel BPOM dalam perspektif Islam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil analisis data dalam penelitian ini peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu-ibu arisan Desa Pelang Kidul Kabupaten Ngawi dalam pembelian produk kosmetik tidak berlabel BPOM adalah faktor sosial dimana kelompok referensi dan kelarga sebagai sub-faktor yang dominan berpengaruh, faktor pribadi dengan keadaan ekonomi, gaya hidup serta kepribadian dan konsep diri yang mendomunasi dan faktor psikologis dengan sub faktor motivasi serta kepercayaan dan sikap sebagai sub-faktor yang mempengaruhi. Kemudian perilaku konsumen ibu-ibu arisan Desa Pelang Kidul Kabupaten Ngawi dalam pembelian produk kosmetik tidak berlabel BPOM dalam perspektif Islam masih kurang dalam mengevaluasi produk dimana mereka hanya melihat hasil tanpa memperdulikan konsep halalan thayyiban ketika membeli produk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ratna Yunita
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 02:45
Last Modified: 07 May 2021 02:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13264

Actions (login required)

View Item View Item