(LEMBAR PERSETUJUAN BERSTEMPEL, UPLOAD ULANG)...REPRESENTASI PESAN DAKWAH DALAM PITUTUR JAWA PADA AKUN INSTAGRAM @BUMIJAWA_

Febriana, Riza (2021) (LEMBAR PERSETUJUAN BERSTEMPEL, UPLOAD ULANG)...REPRESENTASI PESAN DAKWAH DALAM PITUTUR JAWA PADA AKUN INSTAGRAM @BUMIJAWA_. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
FULL ETHESIS RIZA FEBRIANA - Copy - Copy.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Febriana, Riza. 2021. Representasi Pesan Dakwah Dalam Pitutur Jawa Pada Akun Instagram @Bumijawa_ (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) institute Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Galih Akbar Prabowo,M.A.

Kata Kunci : Pesan Dakwah, Pitutur Jawa, Semiotika Roland Barthes
Pesan dakwah merupakan salah satu unsur utama dalam berdakwah. Tanpa adanya pesan, kegiatan berdakwah tidak memiliki nilai apa-apa. Proses dakwah dapat dilaksanakan melalui beberapa kegiatan dengan lisan atau tulisan dan juga bisa dengan perilaku atau perbuatan. Pitutur luhur adalah pelajaran yang berupa nasihat-nasihat yang mempunyai nilai-nilai tinggi, mulia, dan baik. Semakin tipisnya pemahaman dan penerapan pitutur jawa ini sangat berakibat pada generasi anak bangsa. Pitutur jawa ini masih diharapkan, disukai, dan diberlakukan oleh masyarakat luas sampai sekarang. Salah satu akun Instagram yang memposting pesan-pesan dakwah adalah akun Instagram @bumijawa_.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Representasi Pesan Dakwah dalam Pitutur Jawa dan menganalisis makna Denotasi Konotasi pada pitutur jawa dalam postingan Akun Instagram @bumijawa_ menggunakan analisis semiotika Roland Barthes.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode semiotika. Data primer dalam penelitian ini adalah Postingan Pitutur Jawa dalam Akun Instagram @bumijawa_. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data semiotika Roland Barthes.
Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa 1) Representasi pesan dakwah dalam pitutur jawa pada postingan Akun Instagram @bumijawa_ antara lain Pesan Akidah yaitu beriman kepada Allah, Pesan Syariah yaitu Membaca Al-Quran dan Pesan Akhlak yaitu berakhlak baik seperti bersabar, sedekah dan pantang menyerah 2) Makna Denotasi dalam pitutur jawa yaitu seseorang yang menjalani kehidupan dengan sederhana, menjalankan perintah Tuhan-Nya dan berperilaku baik antar sesamanya 3) Makna Konotasi dalam pitutur jawa yaitu sebagai manusia hendaknya menjalankan perintah yang sudah di ajarkan, bersyukur dengan nikmat yang sudah diberikan Allah SWT serta ikhlas dan menerima apapun yang sudah ditakdirkan Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Galih Akbar Prabowo
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 02:41
Last Modified: 07 May 2021 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13259

Actions (login required)

View Item View Item