Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madiun

Haryanti, Dita (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Peserta Di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717186_Dita Haryanti_Ekonomi Syariah.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Haryanti, Dita, Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Peserta di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madiun, Skripsi, 2021, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing: Ika Susilawati, SE., M.M.
Kata Kunci: Peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madiun, indikator tangible, indikator empathy, indikator reliabillity, indikator responsiveness, dan indikator assurance
Saat ini kepuasan konsumen merupakan fokus utama yang sangat diperhatikan oleh semua pihak, baik pemerintah, pelaku usaha, dan konsumen. Kualitas itu sendiri merupakan kondisi dimana adanya hubungan antara produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungan yang dapat memenuhi atau melebihi harapan. Karena adanya pandemi Covid-19 ini, maka BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madiun dalam menjalankan operasionalnya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada. Seperti menerapkan LAPAK ASIK (Pelayanan Tanpa Kontak Fisik).
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif. Lokasi penelitian berada di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madiun. Penelitian dilakukan pada 15 Maret hingga 19 Maret 2021. Dalam penelitian ini ada dua variabel yang akan dibahas, yaitu variabel independen (kualitas pelayanan) dan variabel dependen (kepuasan peserta). Peneliti menggunakan jenis instrumen angket atau kuesioner dengan pemberian skor. Berdasarkan tabel instrumen penelitian yang sudah dibentuk, maka jumlah angket yang akan diuji coba sebanyak 24 item. Dalam penelitian ini metode pengolahan data menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistics 25 dimana aplikasi ini banyak digunakan untuk membantu peneliti dalam menggambarkan data, menguji hipotesis dan mencari hubungan antar variabel.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan melalui tahap pengumpulan data, pengolahan data dan analisis data mengenai pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta di BPJS Ketenagakerjaan Cabang Madiun, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa: Variabel kualitas pelayanan (indikator tangibel) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan peserta. Variabel kualitas pelayanan (indikator empathy) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan peserta. Variabel kualitas pelayanan (indikator reliabillity) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan peserta. Variabel kualitas pelayanan (indikator responsiveness) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan peserta. Variabel kualitas pelayanan (indikator assurance) berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan peserta. Variabel kualitas pelayanan terhadap kepuasan peserta secara simultan berpengaruh signfikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 02:39
Last Modified: 07 May 2021 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13258

Actions (login required)

View Item View Item