Pengaruh Diferensiasi Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah pada Mahasiswa di Ponorogo

Sari, Ega Novita (2021) Pengaruh Diferensiasi Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah pada Mahasiswa di Ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210717011_EGA NOVITA SARI_EKONOMI SYARIAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Novita Sari, Ega. Pengaruh Diferensiasi Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah pada Mahasiswa di Ponorogo. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institute Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Moh. Faizin, M.S.E.

Kata Kunci: Diferensiasi produk, citra merek dan keputusan pembelian.

Wardah merupakan salah satu produk kosmetik pelopor produk halal di Indonesia yang diproduksi oleh PT. Paragon Technology and Innovation. Pada tahun 1999, pabrik paragon mendapatkan setifikasi halal dari LPPOM MUI, dimana merek wardah sebagai pelopor merek halal di Indonesia. Citra merek wardah telah bagus dibuktikan dengan penghargaan yang diraih oleh wardah beberapa kali. Dengan adanya hal tersebut akan tetapi dari tahun 2016 hingga tahun 2020, beberapa produk wardah mengalami penurunan brand, dapat dilihat dari 5 produk yang mengalami penurunan brand dari survei top brand index 2020. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis: (1) pengaruh diferensiasi produk terhadap keputusan pembelian, (2) pengaruh citra merek terhadap keputusan pembelian, (3) pengaruh diferensiasi produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Ponorogo, sedangkan sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner atau angket, sedangkan teknik pengolahan dan analisis data menggunakan analisis statistic, uji analisis regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) diferensiasi produk berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, (2) citra merek berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, (3) diferensiasi produk dan citra merek berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian. Dimana diferensiasi produk dan citra merek memberikan pengaruh yang positif terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Moh. Faizin,M.S.E.
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 02:36
Last Modified: 07 May 2021 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13253

Actions (login required)

View Item View Item