Pengaruh Aspek Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Ponorogo

Lestari, Sri (2021) Pengaruh Aspek Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), dan Inovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SRI LESTARI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lestari, Sri. 2021. Pengaruh Aspek Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia, Dan Iinovasi Produk Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kabupaten Ponorogo. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Dosen Pembimbing Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci: Aspek Keuangan, Kompetensi SDM, Inovasi Poduk dan Kinerja UMKM
Masalah dari pemilik UMKM di Kabupaten Ponorogo kebanyakan dari mereka tidak memperhatikan pengelolaan keuangan usahanya, tidak begitu mengetahui pertumbuhan modal ataupun jumlah laba yang diperoleh, jarang bahkan tidak pernah melakukan promosi produk mereka. Setiap harinya jumlah konsumen yang datang juga tidak stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Untuk mengetahui pengaruh Aspek Keuangan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Ponorogo. Untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Ponorogo. Untuk mengetahui Inovasi Produk terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Ponorogo. Untuk mengetahui pengaruh Aspek Keuangan, Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM), dan Inovasi Produk terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Ponorogo. Untuk mengetahui Apakah terdapat perbedaan kinerja UMKM antara Kecamatan Ponorogo, Babadan, Jenangan, Sukorejo, Sampung, Jambon, Balong, dan Kecamatan Siman.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode kuesioner dengan populasi 2.572 UMKM. Jumlah kuesioner yang dapat diolah dalam penelitian ini sebanyak 97 UMKM. teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, dan regresi analisis berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh negatif Aspek keuangan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Ponorogo. Terdapat pengaruh positif Kompetensi SDM terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Ponorogo. Terdapat pengaruh positif Inovasi Produk berpengaruh terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Ponorogo. Terdapat pengaruh Aspek keuangan, kompetensi SDM, dan inovasi produk berpengaruh terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Ponorogo secara simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 07 May 2021 02:35
Last Modified: 07 May 2021 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13252

Actions (login required)

View Item View Item