PERSEPSI MASYARAKAT LDII TERHADAP BRI SYARIAH KANTOR PELAYANAN KAS JATISRONO (Studi Kasus Desa Rejosari RT 04/RW 01, Kec. Jatisrono, Kab. Wonogiri)

Indrawati, Dyah (2021) PERSEPSI MASYARAKAT LDII TERHADAP BRI SYARIAH KANTOR PELAYANAN KAS JATISRONO (Studi Kasus Desa Rejosari RT 04/RW 01, Kec. Jatisrono, Kab. Wonogiri). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817173_DYAH INDRAWATI_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Indrawati, Dyah. 2021. Persepsi Masyarakat LDII Terhadap BRIS Kantor
Pelayanan Kas Jatisrono (Studi Kasus Desa Rejosari, Kec. Jatisrono, Kab.
Wonogiri). Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Agung
Eko Purwana, SE, MSI.
Kata Kunci: penyaringan, interpretasi, reaksi
Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena masyarakat
LDII di Desa Rejosari yang dipandang sebagai kelompok yang seharusnya
memiliki minat tinggi menggunakan jasa perbankan syariah. Namun faktanya,
mereka lebih menggunakan bank konvensional. Oleh karena itu, perlu diketahui
sebab dan solusinya agar lembaga perbankan syariah dapat mengembangkan
kegiatan ekonomi syariah disana. Oleh karena itu peneliti terdorong untk
mengetahui persepsi masyarakat LDII di rejosari.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field
research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif karena
peneliti ingin menggali lebih dalam tentang persepsi masyarakat LDII terhadap
BRIS Kantor Pelayanan Kas Jatisrono. Pengambilan data dilakukan dengan
wawancara kepada masyarakat LDII di Desa Rejosari.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat LDII di Desa
Rejosari RT 04/ RW 01 enggan menggunakan BRI Syariah Kantor Pelayanan Kas
Jatisrono disebabkan kantor BRI Syariah sulit ditemukan, pelayanannya lama,
menyamakan dengan bank konvensional, memiliki cara tersendiri dalam
menyimpan uangnya, interpretasi ada kebijakan gaji PNS yang menggunakan
bank konvensional, produk yang mahal, rasa nyaman menggunakan bank
konvensional, memiliki penghasilan hanya cukup untuk kesehariannya, keinginan
adanya sistem jemput uang. Akan tetapi ada yang sebelumnya tidak tau dengan
adanya bank syariah di Jatisrono dan setelah mereka tau mereka mau
menggunakan BRI Syariah Kantor Pelayanan Kas Jatisrono.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agung Eko Purwana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2021 05:19
Last Modified: 06 May 2021 05:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13239

Actions (login required)

View Item View Item