Korelasi antara motivasi belajar siswa dan penerapan metode pembelajaran practice rehearsal pairs dengan kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa kelas VIII SMP Ma'arif 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020

Sidayani, Sidayani (2021) Korelasi antara motivasi belajar siswa dan penerapan metode pembelajaran practice rehearsal pairs dengan kemampuan baca tulis Al-Qur'an siswa kelas VIII SMP Ma'arif 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
sida tesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sidayani, 2020. Korelasi Antara Motivasi Belajar Siswa Dan Penerapan Metode Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs Dengan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Ju’Subaidi, M.Ag.
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Metode Pembelajaran Practice Rehearsal Pairs, Baca Tulis Al-Qur’an.
Al-Qur’an merupakan pedoman hidup umat Islam. Salah satu faktor yang mempengaruhi baca tulis Al-Qur’an adalah faktor motivasi belajar. masih banyak anak yang kurang mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar. Hal ini dilihat dari pada saat proses pembelajaran. Anak-anak masih memilih diam dan mengikuti proses pembelajaran tanpa sikap ekspresif. Hal ini disebabkan, beberapa diantara menganggap bahwa pelajaran baca tulis Al-Qur’an merupakan pelajaran yang membosankan, sehingga mereka memilih asik mengobrol dengan temannya selama pembelajaran. motivasi belajar tergantung pada metode pembelajaran yang digunakan oleh guru selama proses pembelajaran dikelas. Dengan penerapan metode pembelajaran practice rehearsal pairs proses pembelajaran baca tulis Al-Qur’an diharapkan dapat meingkatkan motivasi belajar yang lebih baik dan menimbulkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an yang lebih baik pula untuk menjalin hubungan sosial serta dapat mengembangkan nilai-nilai Agama.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan kemampuan baca tulis Al-Qur’an (BTQ) pada siswa kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020, (2) untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran Practice Rehearsal Pairs siswa kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020, (3) untuk mengetahui apakah ada korelasi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dan penerapan metode pemblajaran Practice Rehearsal Pairs dengan kemampuan baca tulis Al-Qur’an (BTQ) pada siswa kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun populasi penelitian ini kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 131 siswa dan sampel sebanyak 32 siswa dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan oleh peneliti adalah teknik korelasi product moment dan korelasi ganda. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa : 1) Adanya korelasi yang signifikan antara motivasi belajar siswa dengan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VIII SMP rtabel (0,355), sehingga H0 ditolak. 2) Adanya korelasi yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran practice rehearsal pairs dengan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020, dimana diperoleh rtabel (0,355), sehingga H0 ditolak. 3) Adanya korelasi yang signifikan antara motivasi belajar dan penerapan metode pembelajaran practice rehearsal pairs dengan kemampuan baca tulis Al-Qur’an siswa kelas VIII SMP Ma’arif 1 Ponorogo tahun Ftabel (3,33) ,sehingga maka H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ju'subaidi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2021 04:14
Last Modified: 06 May 2021 04:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13236

Actions (login required)

View Item View Item