KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM PERSEPKTIF KELUARGA PENGHAFAL AL-QUR’AN (Studi Kasus di Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo)

RAHMAWATI, INDAH (2021) KONSEP KELUARGA SAKINAH DALAM PERSEPKTIF KELUARGA PENGHAFAL AL-QUR’AN (Studi Kasus di Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi Indah Rahmawati 211517004 BPI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Indah Rahmawati, 2021, Konsep Keluarga Sakinah dalam Perspektif Keluarga Penghafal Al-Qur’an (Studi Kasus di Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo), Skripsi Jurusan Bimbingan dan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Muhamad Nurdin, M.Ag.
Kata kunci: Keluarga Sakinah, Keluarga Penghafal Al-Qur’an
Dilihat dari fakta yang ada di zaman sekarang, tidak sedikit keluarga yang gagal membentuk keluarganya menjadi keluarga yang sakinah dan berakhir dengan kandasnya rumah tangga. Namun di sisi lain bagi keluarga penghafal Al-Qur’an di Desa Joresan, keluarga sakinah bukanlah suatu hal yang asing karena mereka menerapkannya setiap hari sehingga dapat dijadikan contoh bagi keluarga lainnya.Dari uraian di atas lah penulis memutuskan mengambil penelitian ini.
Tujuan dari penelitian ini yaitu 1.) Untuk mengetahui kriteria keluarga sakinah dalam persepektif keluarga penghafal Al-Qur’an di desa Joresan, 2.) Untuk mengetahui bagaimana keluarga penghafal Al-Qur’an di desa Joresan dalam membentuk keluarga sakinah, 3.) Untuk mengetahui upaya-upaya dalam mempertahankan keluarga sakinah yang dilakukan keluarga penghafal Al-Qur’an di Desa Joresan.Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan teori deskriptif. Peneliti berusaha mendeskripsikan kejadian atau peristiwa dengan tidak memberikan perlakuan khusus terhadap kejadian tersebut, dalam kasus ini yaitu kehidupan keseharian keluarga penghafal Al-Qur’an terkait konsep keluarga sakinah. Data dianalisis dengan kualitatif induktif yang memungkinkan pengambilan kesimpulan dan dicek keabsahannya dengan Triangulasi Data.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Kriteria keluarga sakinah dalam perspektif keluarga penghafal Al-Qur’an di Desa Joresan adalah keluarga yang di dalamnya berisi ketenangan rohani, nafsani, dan jasmani yang dilandasi dengan nilai- nilai Al-Qur’an, 2) Dalam membentuk keluarga sakinah, keluarga penghafal Al-Qur’an di Desa Joresan melandasi pembentukannya dengan cara berpegang teguh pada petunjuk yang ada di dalam Al-Qur’an dan hadits terkait tata cara berkeluarga yang baik menurut Islam, mencontoh kehidupan rumah tangga Nabi Muhammad SAW yang dirumuskan dalam tata cara pembentukan keluarga sakinah menurut Nahdatul Ulama’, 3) Upaya yang dilakukan oleh keluarga penghafal Al-Qur’an di Desa Joresan Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo dalam mempertahankan keluarga sakinah yaitu dalam keseharianna, mereka menerapkan fungsi keluarga yaitu fungsi keagamaan, fungsi soial budaya, fungsi cinta kasih, fungsi perlindungan, fungsi reproduksi, fungsi sosialisasi dan pendidikan, fungsi ekonomi, serta fungsi pembinaan lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUHAMAD NURDIN
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2021 04:11
Last Modified: 06 May 2021 04:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13235

Actions (login required)

View Item View Item