Strategi Digital Marketing dalam Peningkatan Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri pada Masa Pandemi Covid -19

Ningrum, Eka Rahayu Puspita (2021) Strategi Digital Marketing dalam Peningkatan Nasabah Bank Muamalat Kantor Cabang Kediri pada Masa Pandemi Covid -19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Eka Rahayiu PN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ningrum, Eka Rahayu Puspita. 2021. Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Nasabah pada Bank Muamalat KC. Kediri di Masa Pandemi Covid 19. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing, Iza Haifuddin, Ph.D.

Kata Kunci: Implementasi, Kendala-Kendala, Faktor, Implikasi

Pemasaran merupakan kegiatan yang harus dilakukan oleh setiap kegiatan ekonomi terkhusus pada setiap lembaga keuangan. Kerena dengan adanya kegiatan pemasaran tersebut maka tujuan suatu perusahaan atau organisasi maupun lembaga bisa tercapai. Serta tidak dapat dipungkiri perubahan akan globalisasi teknologi yang tidak dapat dihindari menuntut setiap perusahaan, lembaga mapuan organisasi untuk lebih peka sehingga mendorong kekreatifan dan inovasi seseorang dalam proses pemasaran agar tidak tertinggal oleh masa. Digital marketing menjadi pr utama dalam penelitian ini sejauh manakan sasaran yang dimaksud mampu menerapkan digitalisasi tersebut.Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis digital marketing yang diterapkan pada Bank Muamalat KC. Kediri sebagai strategi dalam meningkatkan nasabah dalam beberapa kurun waktu yang mana dari sebelumnya lembaga tersebut telah menggunakan sistem marketing tradisoanal yang kemudian beralih pada sistem digitalisasi. Dari peralihan sistem tersebut ditemukan adanya keresahan ataupun kejanggalan akibat beberapa faktor.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan melakukan wawancara, kepustakaan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengatakan bahwa digital marketing yang digunakan dirasa belum maksimal akibat andanya kendala-kendala yang dihadapi. Selain itu proses pengalihan sistem menjadi tantangan terbaru khususnya di era pandemi saat ini.
Adapun dealetika yang dihadapi dalam Bank Muamalat kediri ini dipengaruhi oleh faktor internal yakni, latar belakang karyawan yang tidak sesuai, sarana yang kurang memadai, dan software yang kurang mempuni atau maksimal serta faktor eksternal yaitu masyarakat kolonial dan masyarakat yang kurang melek teknologi. Oleh karena itu perlu adanya tindak lanjut akan permasalahan tersebut yang berupa pelaatihan SDM, peningkatan sarana, dan pengembangan software yang lebih baik lagi serta harus adanya pendekatan kepeda masayarakat dengan memberikan pemahaman akan pentingnya teknologi dan juga memberikan pelayanan yang terbaik sehingga mampu meningkatkan rasa kepercayaan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2021 02:02
Last Modified: 06 May 2021 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13229

Actions (login required)

View Item View Item