تحليل محتوى كتاب "دروس اللغة العربية لغير الناطقين بها" لعبد الرحيم (دراسة تحليلية مبنية على نظرية ماجكي (mackey's theory)

YANY, LIESTY FRIDARI (2021) تحليل محتوى كتاب "دروس اللغة العربية لغير الناطقين بها" لعبد الرحيم (دراسة تحليلية مبنية على نظرية ماجكي (mackey's theory). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
504190007 LIESTY PBA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bahan ajar memegang peranan penting dalam proses pembelajaran disamping media dan metode pembelajaran. Bahan ajar yang sangat diperlukan baik bagi guru maupun siswa adalah buku teks. Teori Mackey menyatakan bahwa buku teks harus memenuhi empat syarat yaitu seleksi, gradasi, presentasi, dan repetisi materi. Salah satu buku teks yang paling terkenal adalah Duruus al Lughah al Arabiyyah li Ghairi an Nathiqiina Bihaa karya Abd al-Rahim. Buku ini digunakan untuk mengajar bahasa Arab dalam program I’dad Lughawy di Universitas Islam Madinah. Buku ini mendapat perhatian besar dari lembaga-lembaga pengajaran bahasa Arab di dunia, karena buku ini dianggap mudah dipahami oleh siswa yang tidak berbahasa Arab.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan seleksi materi dalam buku Duruus al Lughah al Arabiyyah li Ghairi an Nathiqiina Bihaa karya Abd al-Rahim berdasarkan teori Mackey, 2) untuk mendeskripsikan gradasi materi dalam buku Duruus al Lughah al Arabiyyah li Ghairi an Nathiqiina Bihaa karya Abd al-Rahim berdasarkan teori Mackey, 3) untuk mendeskripsikan presentasi materi dalam buku Duruus al Lughah al Arabiyyah li Ghairi an Nathiqiina Bihaa karya Abd al-Rahim berdasarkan teori Mackey, dan 4) untuk mendeskripsikan repetisi materi dalam buku Duruus al Lughah al Arabiyyah li Ghairi an Nathiqiina Bihaa karya Abd al-Rahim berdasarkan teori Mackey.
Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kepustakaan (Library Research). Jenis penelitian pustaka yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah analisis buku teks. Data primer pada penelitian ini adalah materi dalam buku Duruus al Lughah al Arabiyyah li Ghairi an Nathiqiina Bihaa karya Abd al-Rahim. Dan penggunaan teknik analisis data berupa analisis isi.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Materi buku sesuai dengan kriteria seleksi materi teori mackey ditinjau dari tujuan program, tingkat kemampuan siswa, dan jenis bahasa yang digunakan. 2) Gradasi dalam pengelompokan materi buku ini sudah memadai dengan menggunakan pengelompokan struktural dan pengelompokan semantik pada aspek pengelompokan materi berdasarkan fungsi, tetapi tidak menggunakan pengelompokan berdasarkan situasi. Dari segi pengurutan, materi buku ini sesuai dengan prinsip psikologi pendidikan, yaitu penyusunan materi dari umum ke khusus. 3) Presentasi materi yang digunakan buku ini adalah prosedur ostensif, prosedur pictoral, prosedur kontekstual. Buku ini tidak menggunakan prosedur diferensiasi karena materi dalam buku ini seluruhnya berbahasa Arab dan tidak ada bahasa ibu peserta didik. 4) Pada segi repetisi, setelah hiwar, qira’ah dan kitabah ada latihan yang berhubungan dengan materi, dan dari sisi istima’, peneliti tidak menemukan materi yang berhubungan dengan menyimak, sehingga buku ini tidak mengandung repetisi materi istima’.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2021 02:06
Last Modified: 07 May 2021 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13224

Actions (login required)

View Item View Item