Analisis Potensi Pengembangan Wisata Halal (Halal Tourism) Pada Destinasi Wisata Lereng Gunung Wilis Kabupaten Madiun

Febriana, Layin Lia (2021) Analisis Potensi Pengembangan Wisata Halal (Halal Tourism) Pada Destinasi Wisata Lereng Gunung Wilis Kabupaten Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717134_Layin Lia Febriana_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Febriana, Layin Lia. Analisis Potensi Pengembangan Wisata Halal (Halal Tourism) Pada Destinasi Wisata Lereng Gunung Wilis Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Luhur Prasetiyo, S.Ag., M.E.I.
Kata kunci : Potensi, Wisata Halal,Wisata Alam dan GMTI 2019.
Saat ini konsep halal menjadi trend mulai dari kuliner, fashion, kosmetik bahkan sektor pariwisata mengarah pada konsep halal. Indonesia berada di peringkat pertama menjadi destinasi wisata halal dunia menurut penilaian GMTI (Global Muslim Travel Index). Jawa Timur menjadi salah satu destinasi wisata halal di Indonesia yang berada di Malang Raya, sebenarnya ada daerah yang lain yang memiliki potensi sehingga dapat dikembangkan menjadi wisata halal yaitu Kabupaten Madiun. Dari latar belakang tersebut peneliti menggunakan rumusan masalah : 1. Bagaimana potensi wisata halal pada destinasi wisata lereng Gunung Wilis Kabupaten Madiun? 2. Apa hambatan pengembangan wisata halal pada destinasi wisata lereng Gunung Wilis Kabupaten Madiun? 3. Bagaimana pengembangan wisata halal dengan standarisasi GMTI pada destinasi wisata lereng Gunung Wilis Kabupaten Madiun?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Jenis penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan metode induktif, yaitu diawali dengan pernyataan khusus dan diakhiri dengan pernyataan umum.
Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan: 1) Dilihat dari potensi yang dimiliki destinasi wisata lereng Gunung Wilis telah memenuhi standar konsep pengembangan wisata halal 2) Hambatan pengembangan wisata halal destinasi wisata lereng Gunung Wilis Madiun meliputi belum adanya regulasi atau instruksi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun, belum adanya pencantuman label halal serta sertifikasi MUI pada produk makanan minuman lokal dan persepsi masyarakat yang masih salah terkait wisata halal. 3) Diperlukan strategi dari pelaku pariwisata baik dari Pemerintah Daerah Kabupaten Madiun dan pengelola wisata dalam mendukung pengembangan wisata halal pada destinasi wisata lereng Gunung Wilis Kabupaten Madiun sesuai dengan standarisasi GMTI (Global Muslim Travel Index) meliputi empat indikator ACES yaitu Accessibilities, Communication, Environment dan Service, agar masuk kriteria penilaian wisata halal dunia ke GMTI mewakili daerah Kabupaten Madiun Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2021 02:04
Last Modified: 06 May 2021 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13221

Actions (login required)

View Item View Item