IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL DI MADRASAH COKROKERTOPATI TAKERAN MAGETAN

Abshor, Ulil (2021) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN DINIYAH FORMAL DI MADRASAH COKROKERTOPATI TAKERAN MAGETAN. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Tesis Ulil Abshor 502190068.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kebijakan Pendidikan Diniyah Formal merupakan kebijakan bagi pesantren yang telah lama menyelenggarakan pendidikan kajian-kajian keagamaan Islam. Kebijakan itu bertujuan agar pesantren dapat terus mempertahankan kajian-kajian keagamaannya melalui formalisasi pendidikannya. Berdasarkan hal itu, rumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama, bagaimana implementasi kebijakan Pendidikan Diniyah Formal di madrasah Cokrokertopati. Kedua, bagaimana implementasi kebijakan Pendidikan Diniyah Formal di madrasah Cokrokertopati dari segi input dan proses pendidikannya. Ketiga, Bagaimana implikasi implementasi kebijakan Pendidikan Diniyah Formal terhadap lembaga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kritis permasalahan implementasi kebijakan Pendidikan Diniyah Formal yang telah dirumuskan oleh pemerintah ditinjau dari empat aspek, yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Kemudian ditinjau implementasinya dari aspek input dan proses pendidikan kemadrasahannya dan implikasi terhadap kelembagaannya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan kualitatif, dan kondisi dilapangan diuraikan dengan metode induktif, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan manajemen pendidikan dan kebijakan pendidikan. Dan tehnik penyajiannya menggunakan tehnik deskriptif. Fokus penelitian ini adalah madrasah Cokrokertopati sebagai salah satu madrasah yang menyelenggarakan Pendidikan Diniyah Formal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi dan kordinasi antara pemangku kebijakan belum berjenjang dan terstruktur, terdapat disposisi antara pemangku kebijakan dengan pelaksana kebijakan. Dan implementasi pada tataran implementor ditemukan bahwa dari segi input terdapat tenaga pendidik yang belum memenuhi standar, standar kurikulum terlalu tinggi, anggaran dana kurang memadai. sementara dari segi proses, manajemen madrasah Cokrokertopati masih belum terkelola dengan baik, perencanaan pembelajaran belum standar profesional, pengelolaan proses pembelajaran belum efektif, metode pembelajaran tidak variatif, penilaian hasil pembelajaran tidak sesuai dengan standar profesional, belum ada pembinaan dan pengawasan dari pemerintah. Dan implikasi Pendidikan Diniyah Formal terhadap kelembagaan adalah paradigma formalisasi Pendidikan Diniyah, sentralisasi dan segmentasi pelayanan pendidikan keagamaaan Islam di pesantren non salafiyah.
Kata Kunci : Implementasi, Kebijakan, Pendidikan Diniyah Formal

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Aksin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2021 02:25
Last Modified: 06 May 2021 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13219

Actions (login required)

View Item View Item