Analisa Penerapan Strategi Pengembangan Dan Pemasaran Pada Usaha Kerupuk Cap Merak Di Desa Ketawang Dolopo

Rakhasiwi, Galih Mas (2021) Analisa Penerapan Strategi Pengembangan Dan Pemasaran Pada Usaha Kerupuk Cap Merak Di Desa Ketawang Dolopo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717106_Galih Mas Rakhasiwi_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak

Rakhasiwi, Galih Mas. 2021. Analisa Penerapan Strategi Pengembangan dan Pemasaran pada Usaha Kerupuk Cap Merak di Desa Ketawang Dolopo. Skripsi Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M. Ag.

Kata Kunci: Strategi Diversifikasi, Marketing Mix, Dampak.

Pengembangan usaha dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya yaitu dengan menambah produk-produk baru yang sejenis, sedangkan pemasaran dapat dilakukan dengan strategi marketing mix memperhatikan 4P yang akan berdampak pada proses lebih efektif dan efisien guna meningkatkan produktivitas dan profitabilitas.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengembangan dan pemasaran usaha kerupuk di Desa Ketawang, menganalisis penerapan strategi pengembangan divertifikasi dan marketing mix dalam usaha kerupuk di Desa Ketawang, dan menganalisis dampak penerapan pengembangan dan pemasaran dalam meningkatkan usaha. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini antara lain observasi, wawancara dan studi kepustakaan.
Hasil penelitian ini yaitu dalam penerapan strategi pengembangan usaha kerupuk cap merak ini telah menerapkan strategi diversifikasi. Namun penerapan strategi pengembangan usaha kerupuk cap merak saat ini belum optimal sehingga belum mampu meningkatkan pendapatan. Dalam penerapan pemasaran yang dilakukan oleh usaha kerupuk cap merak telah menerapkan 4P, namun penerapannya belum optimal sehingga belum mampu meningkatkan penjualan. Dampak pengembangan dan pemasaran sudah berjalan namun dampaknya belum optimal dan sepenuhnya belum terjadi perubahan pada lapisan masyarakat sekitar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2021 01:55
Last Modified: 06 May 2021 03:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13214

Actions (login required)

View Item View Item