Analisis Islamic Marketing Mix Terhadap Strategi Pemasaran Perumahan Griya As-Sakinah PT. Sabab Podho Moro Madiun

Fidyana, Anjas (2021) Analisis Islamic Marketing Mix Terhadap Strategi Pemasaran Perumahan Griya As-Sakinah PT. Sabab Podho Moro Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ANJAS FIDYANA_210717062.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fidyana, Anjas. Analisis Islamic Marketing Mix Terhadap Strategi Pemasaran Perumahan Griya As-Sakinah PT. Sabab Podho Moro Madiun. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Unun Roudlotul Janah, M.Ag.

Kata Kunci: Islamic Marketing Mix, Strategi Pemasaran
Dalam bauran pemasaran Islami terdapat seperangkat alat pemasaran yang dikenal dengan istilah Islamic marketing mix, beberapa diantaranya yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Strategi produk perumahan di PT. Sabab Podho Moro memiliki kendala dalam hal sering terlambatnya proses serah terima bangunan. Harga yang ditawarkan juga tergolong tinggi karena ditujukan untuk segmen masyarakat menengah ke atas. Promosi yang dilakukan selama ini juga hanya kepada masyarakat yang paham dengan syariah. Lokasi kantor dan proyek perumahan tergolong jauh sehingga membuat proses transaksi dan survei lokasi calon pembeli menjadi kurang efektif. Faktanya berdasarkan wawancara dengan pemilik sudah menerapkan bauran pemasaran namun masih ada aspek dari bauran pemasaran yang belum berjalan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT. Sabab Podho Moro dari segi Islamic Marketing Mix.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta teknik analisis data dengan menggunakan metode Islamic Marketing Mix.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT. Sabab Podho Moro pada beberapa aspek telah menerapkan strategi pemasaran yang sesuai dengan syariah. Dalam hal strategi produk sudah sesuai syariah, akan tetapi proses serah terima bangunan sering kali tidak tepat waktu. Strategi harga sudah sesuai syariah dan sesuai dengan teori penetapan harga, akan tetapi harga yang ditawarkan tergolong tinggi karena memang menyasar segmen masyarakat dengan tingkat ekonomi menengah dan atas. Strategi promosi sudah sesuai dengan syariah, yaitu melalui penerapan promosi dengan cara yang baik, tidak ada unsur pelecehan, penipuan, menggunakan wanita sebagai objek iklan, tidak menjelekan atau membedakan konsumen yang berbeda suku, agama, dan ras. Strategi lokasi atau distribusi kurang sesuai dengan syariah. Hal tersebut dikarenakan lokasi kantor dengan objek perumahan dinilai terlalu jauh sehingga proses transaksi dan survei lokasi oleh pelanggan menjadi kurang efektif sehingga membebani pelanggan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2021 01:54
Last Modified: 06 May 2021 01:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13213

Actions (login required)

View Item View Item