Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo)

Ehsan, Muhamad (2021) Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Melalui Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210817212-MUHAMAD EHSAN-PERBANKAN SYARIAH (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ehsan, Muhamad. 2021. Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo). Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ika Susilawati, MM.
Kata Kunci: Bauran Pemasaran, Service Quality, Trust, Analisis Jalur, Pembelian berulang
Loyalitas berkaitan dengan perilaku nasabah yang setia dalam menggunakan produk dan jasa perbankan syariah. Permasalahan utama yang diangkat dalam penelitian ini adalah terkait dengan menurunnya tingkat loyalitas anggota paguyuban sate ayam Setono menjadi nasabah di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Pada tahun 2019 paguyuban sate ayam Setono menyumbang jumlah nasabah baru terbanyak dengan pembukaan rekening secara kolektif. Alasan yang mendasari penelitian masalah tersebut karena pada dasarnya, BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo telah memberdayakan Petugas Lapangan Mikro (PLM) sebagai bagian dari strategi BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo untuk memasarkan produknya dan memberikan kemudahan bagi nasabah. BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo juga memiliki harga jasa yang diwujudkan dalam nilai limit transaksi yang terjangkau. Pelayanan yang diberikan oleh PLM pun diakui oleh nasabah telah baik, ramah, dan profesional.Namun, pemenuhan komponen-komponen tersebut tidak sejalan dengan tingkat loyalitas dan kepercayaan yang menurun.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis determinan strategi pemasaran, kualitas pelayanan, dan kepercayaan terhadap loyalitas nasabah dengan mengambil populasi anggota paguyuban sate ayam setono menjadi nasabah di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 36 anggota paguyuban sate ayam setono yang diambil berdasarkan teknik sampling jenuh. Model analisis jalur dipilih sebagai teknik analisis dan digunakan software SPSS 21 sebagai alat bantu analisis. Loyalitas nasabah ditetapkan sebagai variabel dependen, sedangkan strategi pemasaran dan kualitas pelayanan ditetapkan sebagai variabel independen. Serta menetapkan kepercayaan sebagai variabel mediator.
Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel strategi pemasaran berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Variabel kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara langsung terhadap loyalitas nasabah. Kepercayaan tidak mampu secara signifikan memediasi hubungan antara strategi pemasaran terhadap loyalitas nasabah. Dan kepercayaan tidak mampu secara signifikan memediasi hubungan antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah. Atas hasil penelitian tersebut, pengaruh yang diberikan kemungkinan disebabkan oleh kurangnya teknologi digital yang digunakan dalam melayani nasabah dan maraknya persaingan antar bank yang sejenis. Sehingga diharapkan BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo dapat mempertimbangkan hal tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 06 May 2021 01:50
Last Modified: 06 May 2021 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13208

Actions (login required)

View Item View Item