Implementasi Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat BUMDes Sido Mukti

Pradani, Dania Wisnu (2021) Implementasi Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat BUMDes Sido Mukti. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717131_Dania Wisnu Pradani_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pradani, Dania Wisnu. Implementasi Program Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat BUMDes Sido Mukti. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah.

Kata Kunci: Implementasi, Program, Pemberdayaan

BUMDes merupakan lembaga ekonomi milik desa yang didirikan guna menciptakan masyarakat desa yang mandiri dan berdaya. Dalam hal ini, peneliti menemukan masalah mengenai pengimplementasian program pemberdayaan ekonomi masyarakat BUMDes Sido Mukti. Implementasi program pemberdayaan masyarakat dapat berhasil apabila ukuran dan tujuan dari program tersebut dapat dapat tercapai, sehingga tercapailah masyarakat yang berdaya. Tetapi dalam realita di lapangan pengimplemtasian program pemberdayaan ekonomi masyarakat belum bisa meningkatkan taraf ekonomi masyarakat desa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis implementasi program dan faktor penghambat BUMDes Sido Mukti Desa Gupolo, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo dalam meningkatkan pemberdayaan ekonomi masyarakat.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode analisis yang digunakan yaitu dengan metode indiktif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan implementasi program pemberdayaan ekonomi masyarakat BUMDes Sido Mukti belum sepenuhnya berhasil. Dikarenakan ukuran dan tujuan kebijakan yang belum jelas, kurangnya sumber daya manusia, karakteristik agen pelaksana yang belum sepenuhnya terealisasi, sikap dan kecenderungan sebagian agen pelaksana yang belum bisa menerima program yang telah dibuat, komunikasi antar organisasi sudah terstruktur tetapi intensitas dari anggota yang masih kurang, belum adanya konduktivitas dari lingkungan sosial ekonomi dan politik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu isi kebijakan berupa tujuan capaian program pemberdayaan yang belum jelas dan kurangnya SDM yang kompetitif, kurangnya informasi dan komunikasi antara pihak pengelola maupun masyarakat, kurangnya dukungan moril dari pemerintah desa, pembagian wewenang serta tanggungjawab yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 May 2021 06:27
Last Modified: 05 May 2021 06:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13194

Actions (login required)

View Item View Item