(GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERAN KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH MANGUNSUMAN PONOROGO

Hermawan, Hermawan (2021) (GUNAKAN TTD ASLI PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PERAN KEPEMIMPINAN KIAI DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH MANGUNSUMAN PONOROGO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESIS HERMAWAN 502190014.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hermawan. 2021. Peran Kepemimpinan Kyai dalam Mengembangkan Karakter Santri di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Ponorogo. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Aksin, S.H., M.Ag.
Kata Kunci: Kepemimpinan, Karakter.
ABSTRAK
Berdasarkan latar belakang pengaruh modernisasi yang membawa dampak kepada semua aspek kehidupan. Banyak generasi penerus bangsa yang keluar jalur karena tidak bisa menghadapi persoalan kehidupan yang melanda. Tidak memandang seorang yang berlatarbelakang agama (santri) atau tidak. Terbukti peneliti mengambil sampel dilingkungan peneliti ada beberapa santri lulusan pesantren saat bulan ramadhan malah makan di siang hari, dan ketika waktunya shalat malah masih asik bermain bola voly. Maka dari itu perlu adanya pengembangan karakter yang baik dan kuat agar generasi penerus bangsa ini bisa menghadapi persoalan-persoalan yang akan dihadapi dikehidupan yang akan datang. Disinilah peran pemimpin sangat diperlukan dalam mengembangkan karakter kususnya dilembaga pendidikan (pesantren).
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan dan mengetahui gaya kepemimpinan kyai di Pondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Ponorogo. (2) mendeskripsikan dan mengetahui peran kepemimpinan kyai dalam mengembangkan karakter santri di Pondok Pesantren Al Barokah Mangunsuman Ponorogo.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, jenis penelitian ini yaitu studi kasus. Adapun metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan perpanjang waktu penelitian dan ketekunan pengamatan, triangulasi dan menggunakan referensi.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa: (1) Gaya kepemimpinan yang diterapkan di Pondok pesantren Al Barokah Mangunsuman Ponorogo adalah Gaya kepeimpinan demokratis. Kyai Imam suyono dalam pengambilan keputusan, mengambil sistem musyawarah mufakat bersama keluarga, dewan ustadz dan pengurus pondok. Hubungan sosial kyai sebagai pemimpin dengan dewan ustadz dan jamaahnya seperti teman, mudah membaur dan tidak ada jarak pembatas antara keduanya (2) Peranan Kyai Imam Suyono dalam rangka pembentukan karakter santri yaitu sebagai pengasuh, motivator, teladan. Hal tersebut dengan mengasuh santri layaknya anaknya sendiri dan memberikan teladan dengan memberi contoh terlebih dahulu sebelum menyampaikan perintah kepada santri

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Aksin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 May 2021 05:46
Last Modified: 05 May 2021 05:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13192

Actions (login required)

View Item View Item