TINJAUAN AKAD QARD DALAM PELAKSANAAN ARISAN DAGANG (Studi Kasus di Pasar Tanjung Anyar Kecamatan Magersari Kota Mojokerto)

Lestari, Erisna Dwi (2021) TINJAUAN AKAD QARD DALAM PELAKSANAAN ARISAN DAGANG (Studi Kasus di Pasar Tanjung Anyar Kecamatan Magersari Kota Mojokerto). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ERISNA DWI LESTARI-210217106-HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Lestari, Erisna Dwi, 2021, Tinjauan Akad Qard Dalam Pelaksanaan Arisan Dagang (Studi Kasus di Pasar Tanjung Anyar Kecamatan Magersari Kota Mojokerto. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Lia Noviana, M.H.I.

Kata kunci/keyword: Arisan, Akad Qard, Sistem Pembayaran, Sistem Pengambilan uang, dan Arisan Dagang.

Penelitian ini di latar belakangi dengan adanya fenomena arisan dagang di Pasar Tanjung Anyar Kecamatan Magersari Kota Mojokerto yang terdapat tambahan hari dalam pembayarannya dan adanya potongan yang di syaratkan dalam pengambilan uang arisan yang berdasarkan dengan waktu pengambilan. Adanya tambahan hari dalam pembayaran dan adanya potongan dalam pengambilan uang arisan dagang ini tentunya merugikan bagi anggota arisan dagang dan menguntungkan bagi pengelola arisan. sistem arisan dagang seperti ini sudah menjadi kesepakatan bersama antara anggota, dan pengelola arisan meskipun hal ini merugikan bagi anggota arisan. sitem arisan dagang seperti ini menimbulkan perselisihan antara para anggota dan pengelola antara diperbolehkan atau tidak.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan akad qard dalam sistem pembayaran arisan dagang di Pasar Tanjung Anyar Kecamatan Magersari Kota Mojokerto? (2) Bagaimana tinjauan akad qard Dalam sistem pengambilan uang arisan dagang di Pasar Tanjung Anyar Kecamatan Magersari Kota Mojokerto?
Adapun penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, dan wawancara kepada pengelola, anggota dan penanggung jawab pada arisan dagang. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu dengan mengemukakan fakta-fakta empirik yang bersifat khusus dari hasil penelitian dan diakhiri dengan kesimpulan yang bersifat umum.
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa sistem pembayaran arisan dagang di Pasar Tanjung Anyar Kecamatan Magersari Kota Mojokerto tidak sesuai dengan akad qard karena di dalam akad qard, muqrid haram mengambil manfaat dari pinjaman dengan penambahan biaya pinjaman atau manfaat lainnya jika itu di syaratkan sebelumnya. Sistem Pengambilan uang arisan dagang pada akad qard di Pasar Tanjung Anyar Kecamatan Magersari Kota Mojokerto yang terdapat potongan dalam pengambilan uang arisan tidak sesuai dengan akad qard karena di dalam akad qard potongan merupakan bentuk bunga dari utang piutang, bunga merupakan riba yang diharamkan dan akad qard yang mendatangkan keuntungan dan manfaat hukumnya haram jika keuntungan tersebut di syaratkan sebelumnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: LIA NOVIANA
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 May 2021 05:44
Last Modified: 05 May 2021 05:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13190

Actions (login required)

View Item View Item