PENGARUH PENGETAHUAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN HAJI DI BRI SYARIAH KC MADIUN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Pucanganom)

Muzammil, Yuliatul (2021) PENGARUH PENGETAHUAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN PRODUK TABUNGAN HAJI DI BRI SYARIAH KC MADIUN DENGAN KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Pucanganom). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817004_Yuliatul Muzammil_Perbankan Syariah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muzammil, Yuliatul. Pengaruh Pengetahuan dan Religiusitas Terhadap Minat Menggunakan Produk Tabungan Haji di BRI Syariah KC Madiun Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Masyarkat Desa Pucanganom), Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Hanik Fitriani, M.E.Sy.
Kata Kunci: Pengetahuan, Religiusitas, Minat, Kepercayaan, Tabungan Haji
Minat merupakan suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada suatu hal atau suatu aktivitas tanpa ada yang menyuruh. Penelitian ini menggunakan kepercayaan sebagai variabel intervenening. Dari teori dan beberapa hasil wawancara mengenai pengetahuan dan religiusitas terhadap minat terjadi kesenjangan, di mana dalam teori dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat pengetahuan dan religiusitas maka akan menjadikan minat terhadap perbankan syariah meningkat. Tetapi pada kenyataannya tingkat pengetahuan dan religiusitas yang tinggi terhadap BRI Syariah KC Madiun tidak menjadikan masyarakat Desa Pucanganom berminat untuk membuka tabungan haji di BRI Syariah KC Madiun karena ada faktor lain yang menyebabkan hal tersebut, yaitu tidak adanya rasa kepercayaan dari dalam diri masyarakat terhadap BRI Syariah KC Madiun. Rumusan masalah penelitian ini bermaksud untuk meneliti apakah pengetahuan dan religiusitas secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap kepercayaan?, Apakah pengetahuan, religiusitas dan kepercayaan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap minat?, Apakah kepercayaan dapat memediasi antara pengetahuan dan religiusitas terhadap minat?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi sebanyak 4759 responden masyarakat desa Pucanganom dan sampel sebanyak 98 responden. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana dan berganda, uji ketepatan model, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pengetahuan secara parsial berpengaruh terhadap kepercayaan sebesar 0,308, religiusitas tidak berpengaruh terhadap kepercayaan sebesar -0,128, pengetahuan, religiusitas dan kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap minat dengan masing-masing nilai sebesar 0,622, 0,133 dan 0,247, pengetahuan dan religiusitas secara simultan berpengaruh terhadap kepercayaan sebesar 10,282, pengetahuan, religiusitas dan kepercayaan secara simultan berpengaruh terhadap minat sebesar 16,857, kepercayaan tidak mampu memediasi hubungan antara pengetahuan dan religiusitas terhadap minat karena hubungan langsung lebih besar dari hubungan tidak langsung yaitu sebesar 0,622 > 0,076 dan 0,133 > -0,032.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 May 2021 03:45
Last Modified: 05 May 2021 03:45
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13185

Actions (login required)

View Item View Item