(UPLOAD ULANG, FORMAT PDF)...Tinjauan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Gabah Di Desa Sempu Kecamatan Nawangan Kabupaten Paitan

Nuraini, Zahrul (2021) (UPLOAD ULANG, FORMAT PDF)...Tinjauan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pada Pedagang Gabah Di Desa Sempu Kecamatan Nawangan Kabupaten Paitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210717122_Zahrul Nuraini etheses.doc

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK

Nuraini, Zahrul. Tinjauan Etika Bisnis Islam Dalam Transaksi Jual Beli Pedagang Gabah Padi Di Desa Sempu Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Dr. H. Luthfi Hadi Aminuddin, M.Ag.
Kata kunci: Etika bisnis, jual beli.
Adanya kejanggalan-kejanggalan yang dilakukan oleh pedagang gabah padi di Desa Sempu Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan yang tidak sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis Islam, kejanggalan tersebut terjadi pada kualitas barang dijualbelikan, ketidakjujuran dalam menginformasikan barang yang dijualbelikan, dll. Oleh karena itu peneliti menemukan masalah yang menarik di Desa Sempu Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan terkait transaksi jual bei berdasarkan etika bisnis Islam.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui transaksi jual beli yang dilakukan, pemahaman pedagang terkait jual beli berdasarkan etika bisnis Islam dan dampak dari pemahaman pedagang mengenai transaksi jual beli berdasarkan etika bisnis Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif dan menggunakan analisis induktif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi. Sedangkan teknik pengolahan data yang digunakan ialah reduksi data, penyajian data dan penarikann kesimpulan.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : (1) Transaksi jual beli yang dilakukan di Desa Sempu Kecamatan Nawangan Kabupaten Pacitan belum dijalankan secara benar menurut etika bisnis Islam. Dikarenakan mayoritas penjual melakukan penjualan gabah padi secara tidak jujur, yakni memasukkan gabah dengan dicampuri tatal atau serpihan kayu, mencampuri dengan dedaunan guna untuk memperberat timbangan agar memperoleh keuntungan yang lebih besar. (2) Pemahaman pedagang terhadap etika bisnis Islam masih kurang, dikarenakan masih ada prinsip-prinsip dari etika bisnis Islam yang dilanggar yaitu : prinsip tauhid, keseimbangan, kejujuran dan prinsip bertanggung jawab. (3) Dampak dari pemahaman yang kurang mengakibatkan transaksi yang dilakukan sesuka hatinya. Selalu menghalalkan banyak cara supaya mendaptkan keuntungan yang besar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luthfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 May 2021 01:47
Last Modified: 05 May 2021 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13180

Actions (login required)

View Item View Item