ANALISIS PENGARUH NON PERFORMING FINANCING, CAPITAL ADEQUACY RATIO, BEBAN OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL DAN NET IMBALAN TERHADAP RETURN ON ASSETS BANK MAYBANK SYARIAH PERIODE 2012-2019

Awintasari, Lely (2021) ANALISIS PENGARUH NON PERFORMING FINANCING, CAPITAL ADEQUACY RATIO, BEBAN OPERASIONAL PENDAPATAN OPERASIONAL DAN NET IMBALAN TERHADAP RETURN ON ASSETS BANK MAYBANK SYARIAH PERIODE 2012-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817200_LELY AWINTASARI_PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Awintasari, Lely. Analisis Pengaruh Non Performing Financing, Capital Adequacy Ratio, Beban Operasional Pendapatan Operasional dan Net Imbalan Terhadap Return On Assets Bank Maybank Syariah Periode 2012-2019. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Maulida Nurhidayati, M.Si.
Kata Kunci: ROA, NPF, CAR, BOPO, NI, ECM.
Untuk melihat keberhasilan bank dalam menghasilkan keuntungan dapat dilihat dari seberapa besar perolehan Return On Assets (ROA) suatu bank. ROA digunakan untuk mengukur kemampuan manajemen bank dalam memperoleh keuntungan (laba) secara keseluruhan. Semakin besar ROA maka semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai bank tersebut. Apabila ROA yang diperoleh bank semakin kecil maka bank akan mengalami kerugian dan akan menghambat pertumbuhan bank tersebut. Pentingnya ROA bagi kinerja Bank Maybank Syariah mengakibatkan bank tersebut perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi perolehan ROA. Berdasarkan hal itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh rasio kuangan Non Performing Financing (NPF), Capital Adequacy Ratio (CAR), Beban Operasional Pendapatan Operasional (BOPO) dan Net Imbalan (NI) Terhadap Return On Assets Bank Maybank Syariah
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang berupa data triwulan yang dipublikasikan oleh Bank Maybank Syariah tahun 2012-2019. Variabel independen yang digunakan adalah NPF, CAR, BOPO dan NI. Sedangkan variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah ROA dengan teknik analisis data adalah Error Correction Model (ECM) dengan tingkat signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa NPF dalam jangka pendek berpengaruh terhadap ROA. Tetapi pada jangka panjang NPF tidak berpengaruh terhadap ROA. CAR dalam jangka pendek tidak berpengaruh terhadap ROA, namun pada jangka panjang CAR berpengaruh terhadap ROA. BOPO dalam jangka pendek dan jangka panjang berpengaruh terhadap ROA. NI dalam jangka pendek dan jangka panjang tidak berpengaruh terhadap ROA. Secara simultan NPF, CAR, BOPO dan NI baik jangka pendek maupun jangka panjang berpengaruh terhadap ROA secara simultan. Besarnya pengaruh yang diberikan pada jangka pendek adalah 89,20% sedangkan pada jangka panjang sebesar 88,57%. Hasil ini menunjukan bahwa Bank Maybank Syariah harus terus memperhatikan rasio keuangan seperti NPF, CAR, BOPO dan NI agar tetap stabil. NPF perlu di perhatikan karena akan mengurangi tingkat resiko dari pembiyaan yang ditanggung, rasio CAR harus senantiasa dijaga agar dapat memperkecil resiko pembiayaan macet, kemudian rasio BOPO agar selalu dijaga agar biaya operasional bank tetap efisien sehingga dapat menjalankan operasi sehari-harinya. Yang pada akhirnya dapat berdampak pada meningkatkan perolehan ROA Bank Maybank Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 May 2021 01:43
Last Modified: 05 May 2021 01:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13178

Actions (login required)

View Item View Item