(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...PENGGUNAAN TOKOPEDIA DAN SHOPEE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MEMBANGUN LOYALITAS (Studi Kasus Produk Ms Glow Pada Akun @Msglow.Ponorogo1)

Ramadhani, Nur Puja (2021) (LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...PENGGUNAAN TOKOPEDIA DAN SHOPEE SEBAGAI MEDIA PROMOSI DALAM MEMBANGUN LOYALITAS (Studi Kasus Produk Ms Glow Pada Akun @Msglow.Ponorogo1). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717092_NUR PUJA RAMADHANI_EKONOMI SYARIAH..pdf

Download (996kB) | Preview

Abstract

Ramadhani, Nur Puja. “Penggunaan Tokopedia Dan Shopee Sebagai Media Promosi Dalam Membangun Loyalitas (Studi Kasus Produk Ms Glow Pada Akun @Msglow.Ponorogo1) “ Skripsi, 2021, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing : Dr. Shinta Maharani, S.E., M.Ak.
Kata Kunci : Promosi, Loyalitas, Tokopedia, Shopee
Promosi adalah segala bentuk komunikasi. Menurut teori, promosi yang baik akan meningkatkan penjualan, selain itu juga meningkatkan loyalitas. Pada toko @Msglow.Ponorogo1, promosi sudah dilaksanakan sesuai kemampuan, namun dalam pelaksanaannya hasil yang diterima tidak sesuai dengan yang diharapkan oleh penjual dimana promosi sudah dilakukan dengan jumlah pengeluaran yang banyak namun pembelian masih tidak maksimal pada dua media yang berbeda yaitu tokopedia dan shopee. Untuk menciptakan kinerja jual beli yang teratur dan baik maka perusahaan atau toko harus memiliki dari lima bauran promosi. Dalam hal ini akun @Msglow.Ponorogo1 hanya melakukan tiga dari lima bauran promosi. Dengan adanya bauran promosi yang baik diharapkan muncul loyalitas. Loyalitas merupakan hal yang sangat penting keberadaannya, dimana dengan adanya loyalitas akan memperkuat eksistensi bisnis.
Metode penelitian yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian yang dilakukan oleh penulis menurut sumber datanya termasuk penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya dengan survei, partisipasi, observasi,wawancara atau interview, catatan lapangan (fieldnote), dokumentasi, dan pengalaman personal. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pada akun @Msglow.Ponorogo1 belum sepenuhnya melakukan lima bauran promosi dan empat kegiatan dalam meningkatkan loyalitas. Hal ini dilihat bahwa pada akun @Msglow.Ponorogo1 hanya melakukan bauran periklanan ,promosi penjualan dan pemasaran langsung dan belum memperhatikan bauran yang lainnya. Dalam meningkatkan loyalitas juga hanya melakukan interaksi dengan pelanggan dan program loyalitas. Hasil pada loyalitas konsumen menunjukkan bahwa shopee lebih unggul dalam hal loyalitas dari pada tokopedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 May 2021 01:32
Last Modified: 05 May 2021 01:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13158

Actions (login required)

View Item View Item