(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...Tinjuaun Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Katak Porang Di Desa Ngebel Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo

Prasetyo, Agus (2021) (LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG)...Tinjuaun Etika Bisnis Islam Terhadap Jual Beli Katak Porang Di Desa Ngebel Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210217086_Agus Prasetyo_Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Salah satu aktivitas bisnis yang diperbolehkan dalam Islam adalah jual beli. Bisnis yang diterapkan seharusnya sesuai dengan etika, karena pada dasarnya etika mengatur semua aktivitas, tak terkecuali adalah aktivitas bisnis. Jual beli katak porang di Desa Ngebel Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo barang yang diperjualbelikan yaitu katak porang telah dicampurkan antara katak yang sudah ripah (jatuh dengan sendirinya) dengan secara alami dengan katak yang ripah secara paksaan. Hal tersebut dilakukan oleh penjual katak porang di Desa Ngebel Kecamatan Ngebel Kabupaten Ponorogo karena untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin lama peminatnya bertambah. Selain itu penentuan harga juga tidak menentu, maksudnya dalam hitungan hari saja harga naik turun tidak menentu dan mengakibatkan kerugian sebelah pihak. Selain itu, penjual seringkali memakai nama orang atau petani yang terkenal dengan alasan petani tesebut memiliki katak porang yang terkenal bagus, sehingga dapat menaikan harga jual.
Dari latarbelakang tersebut dapat ditarik rumusan masalah yaitu Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap kualitas objek pada jual beli katak porang di Desa Ngebel, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo ? Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap penentuan harga pada jual beli katak porang di Desa Ngebel, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo ?
Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah field research (penelitian lapangan) dengan cara mencari data secara langsung dengan melihat objek yang diteliti, dimana peneliti akan berperan sebagai subjek (pelaku) penelitian. Peneliti melaksanakan penelitian di Desa Ngebel, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo untuk meneliti pelaksanaan jual beli katak porang. Dalam penelitian ini, jika dilihat dari jenis datanya maka penelitian ini diklasifikasikan menjadi penelitian kualitatif.
Dari pembahasan jual beli katak porang di Desa Ngebel, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo ini dapat disimpulkan bahwa praktik jual beli katak porang tersebut memiliki beberapa jenis kualitas katak yang dijual, katak kualitas A,B,C. Jual beli tersebut menurut etika bisnis Islam kurang sesuai dengan prinsip kebenaran dan prinsip pertanggungjawaban. Selain itu penentuan harga sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu dari prinsip keadilan, penjual adil dalam memberikan informasi dengan benar mengenai penentuan harga, naik turun harga dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran dalam pasar. Penentuan harga tersebut tidak buat oleh pihak penjual katak porang tetapi murni harga yang ditentukan pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agus Purnomo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 May 2021 01:23
Last Modified: 05 May 2021 01:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13154

Actions (login required)

View Item View Item