ANALISIS AL-IH}SA<N DALAM RESTRUKTURISASIPEMBIAYAAN BERMASALAH PADA KOPERASI KONSUMEN BERKAH MULIA DINAR SYARIAH CABANG DOLOPO

Yuliana, Bintari Nur (2021) ANALISIS AL-IH}SA<N DALAM RESTRUKTURISASIPEMBIAYAAN BERMASALAH PADA KOPERASI KONSUMEN BERKAH MULIA DINAR SYARIAH CABANG DOLOPO. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Halaman-Daftar Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Al-ih}sa>n merupakan tingkah laku seseorang untuk melakukan perbuatan yang baik. Islam memerintahkan umatnya untuk selalu berbuat ih}sa>n. Perbuatan ih}sa>n dapat dilakukan kepada Allah Swt. dan kepada sesama manusia. Itu artinya bahwa sikap ih}sa>n juga harus tercermin pada perilaku lembaga dan pelaku perbankan syariah. Lembaga keuangan syariah haruslah berjalan sesuai dengan perinsip Islam, di antaranya adalah tidak mencari keuntungan yang mengandung unsur keharaman dan kez}aliman. Salah satu kegiatan lembaga keuangan syariah adalah melakukan restrukturisasi pembiayaan bermasalah. Dengan dasar tersebut sudah semestinya kegiatan itu berjalan selaras dengan konsep al-ih}sa>n.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, dan jika dilihat dari data maka jenis penelitian ini adalah kualitatif. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan fenomenologi, yaitu memahami arti dan kaitan-kaitanya dengan melihat objek tertentu. 1) Pemahaman pengelola Koperasi Konsumen Berkah Mulia Dinar Syariah tentang restrukturisasi pembiayaan bermasalah mencerminkan sikap al-ih}sa>n 2) Motif dan tujuan restrukturisasipembiayaan bermasalah di Koperasi Konsumen Berkah Mulia Dinar Syariah tidak hanya untuk menurunkan angka kemacetan saja, tetapi juga bertujuan memberikan kemaslahatan dan mencerminakan sikap ih}sa>n3) Langkah restrukturisasi pembiayaan bermasalah di Konsumen Berkah Mulia Dinar Syariah Cabang Dolopo mencerminkan sikap ih}sa>n di antaranya adalah adil, bijaksana, dan tanggung jawab 4) Ketentuan restrukturisasi pembiayaan bermasalah pada Koperasi Konsumen Berkah Mulia Dinar Syariah Cabang Dolopo menggambarkan sikap ih}sa>n. Sikap tersebut di antanya adalah kebijaksanaan dalam menghapus denda, dan memberikan solusi kepada mitra pembiayaan bermasalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 05 May 2021 01:26
Last Modified: 05 May 2021 01:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13152

Actions (login required)

View Item View Item