analisis komposisi fotografi pada foto landscape traveling photography of turkey karya yuyung abdi

Wahidah, Rafingatul (2021) analisis komposisi fotografi pada foto landscape traveling photography of turkey karya yuyung abdi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi Rafingatul Wahidah.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wahidah, Rafingatul. 2021. Analisis Komposisi Fotografi pada Foto Landscape Traveling Photography of Turkey Karya Yuyung Abdi. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Muh. Tasrif, M.Ag.
Kata Kunci : Komposisi, Fotografi, Landscape, dan Yuyung Abdi
Fotografi sejak awal kehadirannya sudah dikagumi oleh banyak manusia. Dengan datangnya fotografi banyak sekali momen indah yang berhasil diabadikan oleh kegiatan fotografi ini. Terutama di zaman milenial seperti saat ini orang-orang selalu berlomba-lomba mengambil momen terbaik dalam rangkaian alur hidupnya. Fotografi adalah suatu media untuk menghasilkan gambar atau foto dari suatu obyek nyata dengan merekam pantulan cahaya yang mengenai obyek nyata tersebut pada media peka cahaya. Salah satu cabang fotografi yang banyak diminati adalah fotografi landscape yaitu pengabadian gambar dengan objek keindahan alam. Salah satu fotografer landscape ternama ialah Yuyung Abdi, sepak terjunnya dalam dunia fotografi hampir 25 tahun. Terlepas sebagai fotografer ternama Yuyung Abdi memiliki hasil foto yang bagus dan memukau. Hasil karya Yuyung Abdi ketika melakukan touring ke beberapa Negara telah dibukukan dalam buku Traveling Photography Best Spot (Turki, Swiss, Prancis, Singapura & Vietnam). Dalam menghasilkan foto yang bagus seperti karya-karya Yuyung Abdi pasti ada teknik-teknik fotografi tersendiri. Karakteristik foto yang bagus dinilai dengan ketepatan komposisi fotografi dalam foto dan hasil foto mudah dipahami penikmat. Karya-karya foto Yuyung Abdi memiliki karakteristik foto yang alami atau natural.
Dari paparan tersebut dapat ditarik rumusan masalah: 1) Deskripsi foto landscape Traveling Photography of Turkey karya Yuyung Abdi 2) Interpretasi elemen komposisi fotografi pada foto landscape Traveling Photography of Turkey karya Yuyung Abdi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pendekatan kualitatif ini bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan elemen-elemen komposisi fotografi pada foto landscape Traveling Photography of Turkey karya Yuyung Abdi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari karya fotografi landscape karya Yuyung Abdi, terdapat elemen-elemen komposisi fotografi seperti format gambar, sudut pandang, pencahayaan, point of interest, dan komposisi foto. Format karya Yuyung Abdi dominan dengan format horizontal. Yuyung Abdi dalam pengambilan angle foto mayoritas menggunakan teknik eye level. Karya fotografi landscape Yuyung Abdi menggunakan teknik pengambilan cahaya dan komposisi foto yang bervariasi sesuai dengan keadaan waktu destinasi wisata dan alur cerita yang diambil.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 May 2021 04:22
Last Modified: 04 May 2021 04:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13146

Actions (login required)

View Item View Item