PENGARUH PENDAPATAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENABUNG DI BPRS MITRA MENTARI SEJAHTERA PONOROGO (Studi Perbandingan Nasabah BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo Lulusan Pondok Pesantren Yang Ada Di Pasar Tradisional Dolopo Dan Pasar Tradisional Danyang)

Rosyidi, Mochamad (2021) PENGARUH PENDAPATAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP MINAT MENABUNG DI BPRS MITRA MENTARI SEJAHTERA PONOROGO (Studi Perbandingan Nasabah BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo Lulusan Pondok Pesantren Yang Ada Di Pasar Tradisional Dolopo Dan Pasar Tradisional Danyang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210817113_Mochamad Rosyidi_PS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rosyidi, Mochamad. 2021. “Pengaruh Pendapatan dan Religiusitas Terhadap Minat Menabung Di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo (Studi Perbandingan Nasabah BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo Lulusan Pondok pesantren Yang Ada Di Pasar Tradisional Dolopo Dan Pasar Tradisional Danyang).” Jurusan Perbankkan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri, Ponorogo, 2021. Dosen Pembimbing Skripsi Hanik Fitriani, M.E.Sy,.
Kata kunci: Pendapatan, Religiusitas, Minat menabung, Bank Syariah.
Minat adalah kecenderungan untuk memberikan perhatian dan bertindak terhadap orang, aktivitas atau situasi yang menjadi objek dari minat tersebut dengan disertai perasaan senang. Penelitian ini membandingkan minat menabung antara pedagang lulusan pondok pesantren di pasar Dolopo dan pasar Danyang. Dari teori dan beberapa hasil wawancara mengenai pendapatan dan religiusitas terhadap minat terjadi kesenjangan, dimana dalam teori menyebutkan apabila tinggkat pendapatan dan religiusitas tinggi maka akan meningkatkan minat menabung di bank syariah. Pada faktanya di pasar Dolopo dan pasar Danyang memiliki tingkat pendapatan dan religiusitas tinggi tetapi minat menabung di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo masih rendah. Rumusan masalah yang ada pada penelitian pengaruh antara pendapatan pedagang lulusan pondok pesantren di pasar Dolopo dan Danyang terhadap minat menabung, pengaruh antara religiusitas pedagang lulusan pondok pesantren di pasar Dolopo dan pasar Danyang terhadap minat menabung, pengaruh antara pendapatan dan religiusitas pedagang lulusan pondok pesantren di pasar Dolopo dan pasar Danyang terhadap minat menabung, bagaimana perbandingan minat menabung pedagang lulusan pondok pesantren yang ada di pasar Dolopo dan Pasar Danyang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah pedagang lulusan pondok pesantren yang ada di pasar Dolopo dan di pasar Danyang. Sedangkan sampel yang digunakan adalah 30 responden. Teknik pengumpulan data adalah kuisioner. Analisis yang digunakan adalah asumsi klasik, regresi sederhana, regresi berganda, homogenitas, dan independents sampel t test.
Hasil penelitian pengujian adalah pada pasar Dolopo variabel pendapatan dan religiusitas lulusan pondok pesantren terhadap minat menabung secara parsial maupun secara simultan memiliki hasil bahwa tidak berpengaruh secara signifikan. Sedangkan pada pasar Danyang variabel pendapatan dan religiusitas lulusan pondok pesantren terhadap minat menabung secara parsial maupun secara simultan memiliki hasil berarti berpengaruh secara signifikan. Hasil uji homogenitas adalah bersifat homogen variabel pendapatan dan religiusitas pasar Dolopo dan pasar Danyang. Hasil pengujian pada perbandingan minat menabung dapat diketahui terdapat perbedaan rata-rata pendapatan dan religiusitas pada pasar Danyang dan pasar Dolopo, dimana pada pasar Dolopo variabel pendapatan dan religiuitas tidak berpengaruh sedangkan pasar Danyang berpengaruh dan pada pasar Dolopo memiliki pendapatan dan religiusitas lebih tinggi dari pasar Danyang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 May 2021 03:25
Last Modified: 04 May 2021 03:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13142

Actions (login required)

View Item View Item