STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PEMBIAYAAN USAHA MIKRO PADA BSI KANTOR CABANG PEMBANTU NGAWI

Fransiska, Novia Arum (2021) STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PEMBIAYAAN USAHA MIKRO PADA BSI KANTOR CABANG PEMBANTU NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, Iain Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817010_Novia Arum Fransiska e thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam teori yang di kemukakan oleh Pandji Anoraga, strategi pemasaran adalah
wujud yang terarah di bidang pemasaran untuk memperoleh suatu hasil yang optimal.
Bauran pemasaran terdiri dari Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat),
Promotion (Promosi), People (Orang), Process (Proses), Physical Evidence (Bukti Fisik).
Strategi tersebut di harapkan mampu dalam meningkatkan pembiayaan usaha mikro.
Jenis penelitian yang diginakan peneiti adalah penelitian lapangan (field evidence)
dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang di gunakan
oleh peneliti adalah wawancara dan observasi. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk
menganalisis faktor apa saja yang melandasi kurangnya tingkat pengetahuan masyarakat
yang mengakibatkan kurang optimalnya tingkat penjualan produk mikro sehingga
menyebabkan tingkat penyaluran dana pada produk tersebut mngalami penurunan.
Hasil dari penelitian ini adalah minimnya pengetahuan masyarakat tentang poduk
mikro tersebut, di karenakan mayoritas masyarakat masih enggan untuk beralih dari bank
konvensional menjadi bank syariah, masyarakat yang mayoritas tinggal di pedesaan
kurang mendapat informasi tentang produk tersebut. Penerapan promosi yang kurang
tepat adalah faktor yang menyebabkan rendahnya minat masyarakat untuk menggunakan
produk mikro. Hal ini dikarenakan strategi promosi yang dilakukan oleh pihak bank
hanya menggunakan strategi channeling (mencari nasabah dari nasabah) dan door to
door, sedangkat strategi periklanan, promosi penjualan, dan personal selling bisa di
katakan jarang di gunakan oleh pihak marketing itu sendiri. Segentasi pasar mencakup
segmentasi psikografis, segmentasi sosioekonomi, segmentasi geografis, sgmentasi
demografis, dan segmentas perilaku, tetapi bank hanya menerapkan segmentasi
demografis dan sgmentasi geografis. Faktor tersebut menyebabkan segmentasi pasar pada
Bank BSI Kantor Cabang Pembantu Ngawi kurang optimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lutfi Hadi Aminuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 May 2021 03:26
Last Modified: 04 May 2021 03:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13141

Actions (login required)

View Item View Item