Pengaruh intensitas komunikasi dengan prestasi belajar siswa di SDN 1 Randusongo Ngawi Tahun Ajaran 2019/2020

Arifah, Muthi' Mazidatul (2021) Pengaruh intensitas komunikasi dengan prestasi belajar siswa di SDN 1 Randusongo Ngawi Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210616211_MUTHI' MAZIDATUL ARIFAH_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Arifah, Muthi’ Mazidatul. 2021. Pengaruh Intensitas Komunikasi Dengan Prestasi Belajar Siswa Di SDN 1 Randusongo Ngawi Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Faninda Novika Pertiwi, M. Pd.
Kata Kunci : Intensitas Komunikasi, Prestasi Belajar
Keberhasilan dalam sebuah proses pendidikan tidak lepas dari komunikasi yang baik antar warga belajar. Komunikasi yang terjadi dalam kegiatan belajar mengajar di kelas merupakan komponen penting dalam proses belajar mengajar. Selanjutnya kemampuan komunikasi interpersonal yang merupakan faktor internal juga mempengaruhi proses dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu dalam suatu proses kegiatan pembelajaran sangat diperlukan kemampuan komunikasi interpersonal siswa agar memudahkan untuk mengikuti, menerima dan menguasai pembelajaran yang telah disampaikan. Komunikasi interpersonal yang dimiliki siswa ini dapat mempengaruhi anak untuk berbuat dalam kegiatan-kegiatan belajarnya yang nantinya berpengaruh terhadap hasil belajar yang dicapai siswa tersebut. Berdasarkan observasi awal penulis, penulis menemukan masih ada sejumlah siswa yang selalu ragu untuk berbicara ketika proses kegiatan belajar berlangsung di kelas. Ada rasa takut berbicara karena kurangnya percaya diri siswa. Sehingga suasana belajar menjadi pasif dan tidak bersemangat, akibat tidak adanya keberanian berbicara untuk mengemukakan pendapat atau bertanya.
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui intensitas komunikas siswa di SDN 1 Randusongo Ngawi tahun ajaran 2019/2020. (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa di SDN 1 Randusongo Ngawi tahun ajaran 2019/2020. (3) untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara intensitas komunikasi siswa dengan prestasi belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah jenis ex post facto. Dalam penelitian ini variabel independen adalah Intensitas komunikasi (X) sedangkan variabel dependen adalah prestasi belajar (Y) siswa SDN 1 Randusongo Ngawi. Dengan sampel berjumlah 14 siswa. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan agket (kuesioner) dan dokumentasi. Untuk menguji instrument dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh hasil: (1) Tingkat intensitas komunikasi SDN 1 Randusongo Ngawi tahun ajaran 2019/2020 menyebutkan bahwa dari 14 siswa, kategori tinggi terdapat 3 siswa dengan prosentase 21,4%, kategori sedang terdapat 6 siswa dengan prosentase 42,9%, kategori rendah terdapat 5 siswa dengan prosentase 35,7 %. Dapat disimpulkan bahwa intensitas komunikasi siswa dikategori sedang dengan prosentase 42,9% atau intensitas komunikasi kurang baik (2) Tingkat prestasi belajar siswa SDN 1 Randusongo Ngawi tahun ajaran 2019/2020 menyebutkan bahwa dari 14 siswa, kategori tinggi terdapat 2 siswa dengan prosentase 14,3%, kategori sedang terdapat 9 siswa dengan prosentase 64,3%, kategori rendah terdapat 3 siswa dengan prosentase 21,4%. Dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar siswa berada kategori sedang dengan prosentase 64,3% atau prestasi belajar yang kurang baik. (3) Intensitas komunikasi siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa SDN 1 Randusongo Ngawi tahun ajaran 2019/2020. Nilai sig 0,000 lebih kecil daripada nilai probabilitas 0,05 (0,046 < 0,05), sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh antara intensitas komunikasi (X) dengan prestasi belajar siswa (Y). Sedangkan berdasarkan nilai R square sebesar 0,818 yang berarti bahwa hubungan intensitas komunikasi (X) dan prestasi belajar (Y) adalah sebesar 81,8%. Maka dari itu pengaruh intensitas komunikai dan prestasi belajar terbukti signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faninda Novika Pertiwi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 May 2021 02:11
Last Modified: 04 May 2021 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13137

Actions (login required)

View Item View Item