Analisis Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan di Resto Alas Djati Ponorogo dalam Perspektif Islam

Sya'idah, Zulfa Arifatus (2021) Analisis Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan di Resto Alas Djati Ponorogo dalam Perspektif Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717162.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sya’idah, Zulfa Arifatus. 2021. Analisis Gaya Kepemimpinan Dan Disiplin Kerja Untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan Di Resto Alas Djati Ponorogo Dalam Perspektif Islam. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Luhur Prasetiyo, S.Ag. M.E.I.
Kata Kunci : Kinerja Karyawan, Gaya Kepemimpinan Islam, Disiplin Kerja.
Resto Alas Djati Ponorogo merupakan perusahaan yang bergerak di bidang kuliner. Permasalahan yang muncul dari gaya kepemimpinan yaitu kurang tegas dan seringkali kurang mendengarkan masukan sehingga berdampak pada kinerja karyawan. Kemudian untuk disiplin kerja yaitu karyawan yang kurang mematuhi peraturan yang berlaku di Resto Alas Djati Ponorogo. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana gaya kepemimpinan di Resto Alas Djati Ponorogo dalam perspektif Islam, kemudian bagaimana disiplin kerja di Resto Alas Djati Ponorogo serta bagaimana dampak terhadap peningkatan kinerja karyawan di Resto Alas Djati Ponorogo. Jenis penelitian yang digunakan ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk penelitian kasus dan penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan pada Resto Alas Djati Ponorogo dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Gaya kepemimpinan di Resto Alas Djati Ponorogo dalam perspektif Islam dilihat dari kriteria pemimpin Islam yang sukses, Pemimpin belum mampu menampung semua aspirasi dari bawahan dan kurang tegas terhadap karyawannya yang sering melanggar aturan. Gaya kepemimpinan perlu lebih meningkatkan kemampuan dalam hal mengatur bawahan, memahami karakter dari setiap karyawannya dalam hal ketegasan, serta bermuamalah dengan lembut dan kasih sayang terhadap seluruh bawahannya. 2) Disiplin Kerja karyawan belum maksimal dalam mematuhi peraturan dan SOP yang berlaku, selalu diingatkan oleh pimpinan dalam hal kurang peduli terhadap lingkungan yang kotor dan seringnya datang bekerja terlambat atau tidak tepat waktu. Disiplin Kerja masih perlu untuk ditingkatkan lagi dalam hal menepati janji. Kurangnya kinerja karyawan yang ada di Resto membuktikan bahwa beberapa karyawan kurang memenuhi dengan baik kewajiban atau tanggung jawab yang dilakukannya sebagai karyawan dengan dasar SOP yang berlaku. 3) Kinerja karyawan belum maksimal dan masih perlu ditingkatkan dari segi kualitas, kuantitas, ketepatan waktu, penekanan biaya, dan pengawasan terutama untuk karyawan yang memiliki tingkat kesadaran rendah terhadap tanggung jawab pekerjaan serta kemandirian karyawan yang sedikit banyak masih sangat bergantung kepada pimpinan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 04 May 2021 01:24
Last Modified: 04 May 2021 01:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/13136

Actions (login required)

View Item View Item